close
Suasana diskusi buku Takziah Muhammadiyah untuk KHA Hasyim Muzadi
BANJARMASIN, MENARA62.COM –Dalam rangka pembukaan Musyawarah Wilayah XIII Nasyiatul Aisyiyah Kalimantan Selatan yang digelar Sabtu (20/5/2017), dilaksanakan diskusi buku “Takziah Muhammadiyah untuk KH. A. Hasyim Muzadi” yang diterbitkan PT Media Baca dan ditulis oleh tokoh-tokoh dan aktivis Muhammadiyah seperti mantan ketua umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin, sekretaris umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti, Wakil Ketua Majelus Dikti Litbang PP Muhammadiyah Sudarnoto Abdul Hakim, dan lain-lain.

Diskusi digelar dengan menghadirkan tiga orang pembicara yang terdiri dari Prof. Dr. H. Ahmad Khairuddin, M.Ag yang merupakan Rektor Universitas Muhammadiyah Banjarmasin, didampingi Ketua Tanfizdiyah NU Kalimantan Selatan Drs. KH. Syarbani Haira, M.Si.

Diskusi buku yang dilaksanakan di Aula Univ. Muhammadiyah Banjarmasin tersebut lebih menarik dengan hadirnya pembicara dari perwakilan keluarga (Alm) KH. A. Hasyim Muzadi, yakni Bapak Arif Zamhari, Ph.D yang merupakan suami dari Yuni Arovah anak kedua dari (Alm) KH. A. Hasyim Muzadi.

Dalam paparannya Arif Zamhari menguraikan mengenai pemikiran (Alm) KH. A. Hasyim Muzadi terkait hubungan Islam dan Negara di Indonesia. Dalam pemikirannya dia meyakini, semua umat Islam di dunia sepakat bahwa Islam adalah satu.

Meyakini bahwa Nabi Muhammad Saw adalah utusan Tuhan dan Alquran dan hadits sebagai sumber ajaran Islam. Akan tetapi dalam realitasnya, pemahaman Islam dan manifestasinya secara detil dan rinci berbeda-beda dari satu tempat ke tempat yang lain dan dari waktu ke waktu. (Abdul Khaliq)