IMO tetapkan MTCC Asia dan Karibia

0
527

JAKARTA, MENARA62.COM–International Maritime Organization (IMO) akhirnya menetapkan Shanghai Maritime University dan University of Trinidad and Tobago menjadi tuan rumah bagi Maritime Technology Cooperation Centres (MTCC), Jakarta, Kamis (29/12/2016).

MTCC adalah sebuah pusat keunggulan yang didirikan oleh organisasi yang bermarkas di London itu untuk memitigasi dampak perubahan iklim yang sumbernya berasal dari kapal-kapal.

Universitas di Cina itu akan mengurusi kawasan Asia sementara lembaga pendidikan kedua mengawal kawasan Karibia. IMO akan menetapkan tiga pusat keunggulan lain untuk kawasan Afrika, Amerika Latin dan Pasifik.

Berdasarkan catatan yang ada, untuk kawasan Asia hanya Cina dan Malaysia yang mengirimkan proposal pendirian MTCC kepada IMO. Dari daftar lembaga yang menyatakan kesediaan untuk menjadi tuan rumah MTCC, Indonesia tidak terlihat sama sekali mengajukan proposal.

MTCC merupakan proyek kerjasama antara IMO dan Uni Eropa. Dalam kerjasama ini UE menyediakan dana sebesar 10 juta Euro untuk empat tahun. (Siswanto Rusdi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here