Home » Agama » UMY Gelar Shalat Subuh Berjamaah dan Kajian

UMY Gelar Shalat Subuh Berjamaah dan Kajian

YOGYAKARTA, MENARA62.COM — Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menggelar Gerakan Sholat Subuh Berjamaah dan Kajian Sabtu Pagi di Masjid KH Ahmad Dahlan, Kampus UMY, Sabtu (7/1/2017). Shalat Subuh berjamaah ini diikuti segenap civitas akademika yang terdiri rektor dan jajaran pimpinan, dosen, karyawan serta mahasiswa dan mahasiswi UMY.

Seusai Shalat Subuh berjamaah diisi dengan ceramah oleh Ustadz Fathurrakhman Kamal, Lc, MSi. Dalam ceramahnya, Fathurrakhman mengatakan saat ini, manusia sedang mengalami despiritualisasi.

Padahal menurut sejarawan Alfinn Toffler, kata Fathurrakhman, suatu peradaban yang dapat bertahan di masa mendatang adalah peradaban yang meletakkan dan menghargai spiritualitas. Karena itu, peradaban yang tidak berdasarkan spiritualitas sebagai basis berarti peradaban tersebut akan hilang.

Jamaah Subuh di Masjid KH Ahmad Dahlan Kampus UMY sedang mendengarkan ceramah ustad Ustadz Fathurrakhman Kamal, Sabtu (7/1/2017). (foto : humas UMY)

Karena itu, Fathurrakhman mengharapkan agar umat Islam memperkuat spritualisasi (penjiwaan) ajaran agamanya. Civitas akademika UMY juga perlu meletakkan spiritualisasi sebagai dasar dalam menjalani berbagai kegiatan. “UMY juga harus memperkuat basis-basis spiritualisasi dengan cara memperkuat nilai-nilai keagamaan, yaitu Agama Islam. Selain itu, UMY juga bisa mengkonstruksi paradigma yang ada dan beralih menuju paradigma Alquran,” harapnya.

Menurut rencana Gerakan Sholat Subuh Berjamaah dan Kajian Sabtu Pagi akan menjadi kegiatan rutin. Seusai acara, jamaah mendapat sarapan dan beras Muhammadiyah dari panitia.

Penulis : Heri Purwata

Author: Heri Purwata
Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *