Layanan Rumah Sakit USU Perlu Ditingkatkan

0
416

MEDAN, MENARA62.COM – Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir berharap layanan Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara (USU), bisa lebih ditingkatkan lagi. Jika kualitas meningkat, maka orang yang tertarik untuk berobat ke RS USU akan meningkat.

“Sebab selama ini, keberhasilan dan banyaknya rumah sakit merawat pasien akibat faktor layanan yang baik, serta sangat bagus,” kata Nasir usai Grand Opening Rumah Sakit (RS) Universitas Sumatera Utara (USU) di Medan, Senin (9/1/2017).

Mohamad Nasir berharap, pelayanan Rumah Sakit USU jangan sampai mengecewakan masyarakat atau pasien yang berobat, karena kualitas pelayanan itu amat terkait dengan kepercayaan dan nama baik. “Tenaga medis yang bertugas di RS USU itu, harus selalu menampakkan wajah-wajah senyum, ramah, sehingga pasien yang berobat merasa senang, dan selalu merasa diperhatikan,” kata Nasir.

Ia menyebutkan, pelayanan yang prima tersebut, tentunya disesuaikan dengan status RS USU yang sudah mencapai Akreditasi Paripurna (bintang lima), dan hal tersebut harus tetap dipertahankan dengan baik. Selain itu, Akreditasi Paripurna RS USU, merupakan penilaian Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

“RS USU dan dokternya harus mampu memberikan pelayanan yang terbaik, sehingga pasien merasa betah dan senang dirawat, hal tersebut harus dapat diwujudkan,” ucapnya.

Menristekdikti menjelaskan, kelebihan rumah sakit yang ada di luar negeri adalah mengenai pelayanan, dan dalam hal ini RS USU harus mampu berbuat seperti itu.

Bahkan, tenaga dokter ahli yang bertugas di RSU USU memiliki pengalaman sangat luas, dan mereka juga adalah dosen mengajar di Fakultas Kedokteran USU.

“Kita harus mampu mewujudkan RS USU sebagai rumah sakit yang berkualitas dengan Predikat Paripurna dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat luas,” kata mantan Rektor Universitas Diponegoro (Undip) itu.

Saat ini, Rumah Sakit USU ini dirancang agar dapat mengakomodasi pelayanan rawat jalan di sejumlah klinik spesialis/sub spesialis, dan pelayanan rawat inap. Instalasi gawat darurat pun di desain agar dapat memberikan pelayanan 24 jam. Selain itu, sudah dilengkapi dengan fasilitas kamar bedah, ruang persalinan, perawatan intensif, pelayanan hemodialisa dan rehabilitasi medik termasuk bagi pasien BPJS. Fasilitas lain diantaranya peralatan radiodiagnostik/pencitraan, laboratorium klinik dan fasilitas/peralatan pelayanan lainnya. Saat ini, rumah sakit USU mampu menerima pasien rawat inap dengan kapasitas 400 tempat tidur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here