Warga Padang Berhamburan Digoyang Gempa

0
334

PADANG,MENARA62.COM-Warga Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) berhamburan ke luar rumah dan menghentikan aktivitas di dalam ruangan akibat terjadinya gempa berkekuatan 5,5 Skala Richter pada pukul 18.28 WIB di daerah itu.

“Saya bersiap akan melaksanakan shalat Maghrib kemudian terasa gempa cukup kuat, saya berlari keluar rumah,” kata salah seorang warga Padang Budi (26) di Padang, Senin.

Ia mengatakan getaran gempa yang dirasakan cukup lama sehingga saat berhenti pun ia merasa pusing.

Warga lainnya Lina (23) yang juga merasakan gempa mengaku sedang bekerja di dalam ruangan saat terjadi gempa, dan langsung berlari ke luar takut gempa berakibat fatal pada bangunan tempat ia bekerja.

“Saya kaget. Gempanya cukup kuat dan lama,” ujarnya.

Selain berhamburan keluar rumah dan bangunan lainnya, sebagian toko yang berada di kawasan Pondok, Kota Padang langsung tutup dan para karyawan memutuskan untuk pulang ke rumah masing-masing.

“Takutnya ada gempa susulan jadi kami memutuskan tutup toko dan pulang,” kata salah seorang karyawan toko di Padang, Nova (25).

Berdasarkan data yang dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Padang Panjang, gempa yang dirasakan warga Padang itu berkekuatan 5,5 Skala Richter dan 1.69 Lintang Selatan dan 100.31 Bujur Timur atau 64 kilometer barat laut Pesisir Selatan.

Gempa berkekuatan 5,5 Skala Richter yang terjadi pada pukul 18.28 WIB berpusat di Pesisir Selatan tidak berpotensi tsunami.

“Gempa dipastikan tidak berpotensi tsunami,” kata Kepala BMKG Stasiun Padang Panjang, Rahmat Triyono saat dihubungi dari Padang, Senin.

Gempa tersebut terjadi pada posisi 1.69 Lintang Selatan, 100.31 Bujur Timur atau 64 kilometer Barat Laut Pesisir Selatan.

Lokasi tersebut tiga kilometer Barat Daya Padang, 103 kilometer Barat Daya Kabupaten Solok dan 107 kilometer Barat Daya Kota Solok serta 878 kilometer Barat Laut Jakarta.(Antara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here