Berlomba-Lomba Membuat Mobil Swakemudi

SAN FRANCISCO, MENARA62.COM—Mobil swakemudi atau mobil yang dapat mengendarai sendiri dan mengangkut penumpang semakin banyak diuji coba oleh perusahaan-perusahaan otomotif dan teknologi dunia.

Perusahaan Perancis NAVYA baru-baru ini menguji coba mobil angkutan bernama Arma yang bertenaga listrik yang beroperasi selama satu pekan ini di Las Vegas, Amerika Serikat (AS). Arma menyediakan tumpangan gratis di sepanjang tiga blok di Fremont Street pusat Kota Las Vegas bagian dari Sin City yang merupakan objek wisata hiburan malam dan kasino.

Program angkutan umum ini akan berlangsung seminggu ke depan dan disebut-sebut sebagai kendaraan yang sepenuhnya otonom untuk pertama kalinya. Mobil antar-jemput bertenaga listrik ini dibiarkan sendiri melintasi lalu lintas jalan raya di Amerika Serikat.

Mobil Swakemudi Arma /http://navya.tech/

NAVYA sendiri telah menampilkan Arma di ajang pameran Consumer Electronics Show di Las Vegas Minggu (8/1) pekan lalu. AS menjadi negara ketujuh yang menjadi tempat pengoperasian Arma setelah menjalani debut di Perancis pada akhir 2015, sebagaimana dikutip dari AFP.

Selain NAVYA, Google juga telah menghadirkan sistem swakemudi terbarunya di minivan Chrysler Pacifica. Teknologi itu diklaim lebih andal dan terjangkau. Sementara, Delphi Automotive Plc dan Mobileye NV menyatakan, mereka berkolaborasi, bekerja sama dalam menciptakan sistem swakemudi yang bisa mulai diproduksi dan dijual kepada konsumen pada awal 2019.

Kantor Berita Reuters menyebutkan, raksasa otomotif Ford Motor Co, General Motors Co, dan BMW AG juga berencana memperkenalkan mobil-mobil swakemudi pada 2021.