Pelukis Erica bersama Dubes Austria Rachmat Budiman/ Foto Ist

JAKARTA, MENARA62.COM—Pelukis Erica Hestu Wahyuni menyelenggarakan pameran bertema Colour of Soul di Wina, Austria, pada 11-20 Januari 2017 lalu. Pameran lukisan yang diinisiasi sendiri ini bertempat di Kedutaan Besar RI di Wina.

“Duta Besar RI untuk Austria, Bapak Rachmat Budiman senang melukis dan mengoleksi sejumlah lukisan. Banyak yang hadir dalam acara saya, ada sekitar 20 Dubes dari berbagai negara karena pameran ini juga dalam rangka menyambut purna tugas Beliau sebagai duta besar yang selesai masa baktinya pada akhir Januari lalu,” kata Erica, pelukis kelahiran Yogyakarta tahun 1971 ini.

Ada sekitar 10 lukisan karya Erica yang dipamerkan di Wina. “Para pengunjung pameran tampak antusias dalam menikmati dan mengapresiasi karya saya. Kembali, saya ber-orasi dan berekspresi melalui karya lukisan ini di luar negeri. Kali ini di Austria. Saya menyampaikan pesan bahwa Indonesia amat kaya dan penuh warna, secara lahir dan batin. Kita harus bangga menjadi orang Indonesia,” ungkap Erica penuh semangat. Dalam karya-karyanya, Erica punya ciri khas tersendiri. Dia amat suka dengan dunia fabel, saking senangnya menggambar binatang, lukisannya bertabur binatang, terutama gajah yang menjadi favoritnya.

Salah satu lukisan karya Erica. Gajah menjadi kekhasan dan kecintaan Erica/Foto Istimewa

Warna-warna yang cerah dan bergairah dominan dalam visualisasi lukisan Erica, amat menyenangkan dan menghibur pandangan mata, bahkan orang awam seni lukis sekalipun dapat menikmatinya. Gaya melukisnya yang kekanak-kanakan, selalu berwarna cerah seperti tak mengenal dimensi ruang, anatomi, volume dan perspektif.

Erica mampu mentransformasikan fenomena, mimpi, imajinasi, fantasi dan peristiwa keseharian sebagai sumber inspirasi karya-karyanya. Ini sudut pandang Erica yang menawan hati para kolektor lukisan.

Mayoritas kolektor lukisan di Indonesia banyak yang mengoleksi dan menggemari karya lukis Erica. Nama Erica sudah mendunia mengharumkan negeri ini dan diapresiasi dalam pameran di banyak negara di berbagai belahan dunia seperti di Eropa, Amerika Serikat, Singapura, Filipina, Jepang dan Thailand.