Haedar Nasir saat berbicara pada Workshop di Yogyakarta, Jumat (17/2/2017). (foto : humas UM Magelan)

YOGYAKARTA, MENARA62.COM — Sebanyak 110 pejabat struktural di lingkungan Universitas Muhammadiyah (UM) Magelang mengikuti “Workshop Peningkatan Kapasitas Organisasi dan Sumber Daya UM Magelang Berbasis Islam Kemuhammadiyahan.” Acara tersebut dilaksanakan di Hotel Universitas Negeri Yogyakarta selama dua hari, Jumat dan Sabtu (17-18/2/2017).

Pejabat struktural yang mengikuti workshop adalah pimpinan universitas, pimpinan fakultas, para pejabat di tingkat unit. Mereka terdiri dari unsur dosen dan tenaga kependidikan (tendik) yng dinilai memiliki kapasitas untuk melakukan tugas sesuai dengan job discription-nya.

Dijelaskan Rektor UM Magelang, Eko Muh Widodo, dalam sambutannya mengatakan workshop ini diadakan sebagai upaya konsolidasi sumber daya manusia (SDM) serta meningkatkan kinerja organisasi. “Diharapkan setelah mengikuti workshop para peserta mendapat pencerahan dan dapat meningkatkan kinerja sehingga membuahkan hasil yang optimal bagi kemajuan UM Magelang,”kata Eko yang juga menjadi peserta workshop.

Sejumlah petinggi dari Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah dihadirkan untuk menyampaikan materi. Ketua PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, menyampaikan materi tentang Revitalisasi Ideologi dan Nilai-nilai Muhammadiyah untuk Pengembangan PTM.

Dalam paparannya, Haedar antara lain menekankan perlunya pengorbanan dalam perjuangan yang bisa diwujudkan dengan pengorbanan berupa ilmu maupun harta. “Ketika kita menerima gaji, itu merupakan pahala di dunia. Di samping itu kita juga dituntut untuk ikhlas melakukan suatu pekerjaan. Semakin kita ikhlas, maka akan semakin baik kehidupan kita,” pesan Haedar.

Sedang Lincoln Arsyad, Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah yang juga menjadi nara sumber workshop mengusung tema Arah Kebijakan Pengembangan PTM. M Samsudin, Wakil Sekretaris Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah dan M Syafar Nashir yang merupakan Wakil Rektor II Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta menyampaikan kuliah dengan tema Penguatan Organisasi dan Tata Kelola PTM.

Sementara hari kedua, Sabtu (18/2/2017) dijadwalkan dua Rektor dari PTM yakni Rektor UMY Gunawan Budiyanto dan Rektor Unimus Masruki menjadi nara sumber. Masing-masing dengan tema Revitalisasi Budaya Mutu dan Peningkatan Atmosfir Akademik serta Marketing dan Pengembangan Kemahasiswaan.