Perkemahan Akbar Pandu Hizbul Wathan Surakarta

SURAKARTA, MENARA62.COM–Sabtu-Ahad,21-22 Jumadil Awwal 1438 H/ 18-19 Februari 2017 M di Lapangan Karangasem Laweyan Surakarta, akan diadakan Perkemahan Akbar Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Kota Surakarta golongan Athfal, Pengenal dan Penghela. Acara ini dilaksanakan bersamaan dengan pelantikan Pimpinan Kwartir Daerah Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Kota Surakarta periode 2016-2021.

Sementara itu untuk Perkemahan golongan Athfal akan diikuti oleh 24 Sekolah Dasar atau Qobilah. Setiap Qobilah mengirimkan 2 regu yaitu putra dan putri dengan masing-masing regu berjumlah 10 anak. Pada perkemahan tersebut akan diadakan pendalaman materi Syarat Kenaikan Tingkat (SKT) dan Ujian SKT.

Dalam pelaksanaan ujian SKT, penguji memberikan pertanyaan sesuai dengan petunjuk dalam SKT, jika anak mampu menjawab penguji akan memberikan tanda tangan pada kolom yang tersedia, jika anak tidak bisa maka mereka tidak diberikan tanda tangan.

Sedangkan untuk materi SKT itu terdiri dari materi Al Islam dan kemuhammadiyahan, materi Kepanduan, dan materi Lapangan. Untuk materi kepanduan, salahsatunya harus hafal lagu Indonesia Raya, sedangkan materi lapangan salahsatunya anak diharapkan dapat menyampul buku.

Selain ujian SKT, juga dilaksanakan dinamika kelompok dimana dalam kegiatan ini akan dipandu oleh dewan sugli dengan materi game lapangan. Kemudian juga diadakan tadarus dan hafalan surat pendek yang dilaksanakan di tenda masing-masing. Pada malam harinya diadakan pentas seni, untuk menampilkan kreatifitas setiap kuntum (regu).

Terakhir diadakan kegiatan bakti sosial berupa pembagian sembako kepada lingkungan sekitar perkemahan dan juga bersih lingkungan.