Tim MINO UGM Ungguli Ajang Tantangan Inovasi Pangan Internasional

JAKARTA, MENARA62.COM– Tim MINO Universitas Gadjah Mada berhasil memenangkan hadiah utama dalam ajang Tantangan Inovasi Pangan Internasional, Young Southeast Asian Leaders Initiatives (YSEALI) World of Food Innovation Challenge. Ajang yang diikuti 200 tim dari negara-negara Asia Tenggara tersebut juga menempatkan Cambodia pada urutan kedua dan Malaysia pada urutan ketiga.

Teknologi MINO Microbubble Generator karya 3 mahasiswa UGM Nabil Satria, Fajar Sidik, Untari Ramadhani ini mampu meningkatkan oksigen dalam air dan hasilnya ukuran ikan menjadi lebih besar 40 persen, tingkat kemampuan hidup ikan meningkat sembilan persen dan pada akhirnya meningkatkan jumlah panen ikan.

Atas prestasi yang  telah diraih, Tim MINO UGM tahun ini mendapatkan kesempatan study tour ke pusat teknologi dan inovasi Austin, Texas, Amerika Serikat yang difasilitasi oleh USAID Indonesia. Selain itu Tim Mino juga memperoleh pelatihan dari Cisco dan Intel Corporation di Singapura, untuk memperkaya teknologi temuannya agar lebih baik lagi.

Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti yang sekaligus National ASEAN COST Chairman Ainun Na’im dalam jumpa pers bersama Tim MINO UGM mengatakan bahwa inovasi yang dihasilkan oleh Tim MINO ini sesuai dengan tema peringatan Hari Pendidikan Nasional 2017 Kemenristekdikti.

“Kementerian ingin membangun pendidikan tinggi yang memiliki dampak terhadap pertumbuhan ekonomi,” ujar Ainun Rabu (03/05/2017).

Ainun menyatakan bahwa penelitian dan inovasi yang dilakukan mahasiswa merupakan embrio dari startup company.  Kemenristekdikti saat ini telah menyiapkan berbagai program untuk mendorong inovasi, salah satunya melalui program pada Direktorat Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT) di Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi.  Direktorat PPBT merupakan unit kerja di Kemenristekdikti yang memiliki tugas mengembangkan startup company di Indonesia. Selain itu Kemenristekdikti juga menyediakan hibah penelitian baik bagi mahasiswa, dosen maupun peneliti.

“ Daya saing bangsa akan meningkat melalui inovasi, dan inovasi tersebut harus dihilirkan ke industri,” ujar Ainun.

Ainun berharap agar prestasi dan inovasi yang berhasil dicapai Tim MINO ini dapat memotivasi dan menambah kepercayaan diri mahasiswa di seluruh Indonesia untuk berkreasi dan berinovasi.