Nusa Dua, menara62.com – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menginginkan peningkatan pertumbuhan ekonomi dari aktivitas kerja oleh pengelola pelabuhan di Indonesia (Pelindo). Budi Karya mengingatkan kepada Pelindo bahwa tol laut sebagai salah satu program nasional harus disukseskan demi peningkatan pertumbuhan ekonomi nasional.

“Bergeraknya pelabuhan-pelabuhan nasional mendukung meningkatnya ekonomi. Semoga bisa menyumbang pertumbuhan ekonomi hingga 5,6-5,8 persen melalui pelabuhan-pelabuhan kita,” kata Sumadi pada acara penutupan The 30th International Association of Ports and Harbors (IAPH) Conference di Bali.

Budi dalam sambutannya di depan peserta konferensi yang berjumlah ratusan orang menyampaikan keinginan Presiden Jokowi agar pemerintahannya konsen pada pengembangan maritim Indonesia.

Sehingga Pelindo I, Pelindo II, Pelindo III hingga Pelindo IV harus didorong mengejawantahkan hal tersebut dengan menjadi pelabuhan kelas dunia.

“Dunia pelabuhan itu konektivitas dan komparasi antara satu dan yang lainnya. Itu langsung terlihat dari volume yang dicapai pelabuhan,” tambah Budi.

Pada kesempatan tersebut Budi juga mengapresiasi Pelindo II yang baru saja mengaktfikan pelabuhan Priok sebagai pelabuhan hub internasional  yang ditandai dengan berlabuhnya kapal berukuran tiga kali lapangan sepak bola milik perusahaan asal Prancis CMA CGM, yang mengambil trayek Indonesia-Los Angeles beberapa bulan lalu.  

Berlabuhnya kapa CMA CGM merupakan sejarah kapal raksasa pertama yang singgah di pelabuhan tersebut. “saya kira kita siap terus mendorong,” ujar Sumadi.