Penumpang Pesawat di Bandara Sultan Mahmud Badarudin II Palembang Belum Ada Lonjakan

PALEMBANG, MENARA62.COM — Penumpang pesawat di Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, pada hari keempat Lebaran Idulfitri 1438 Hijriah/2017 Masehi belum mengalami lonjakan karena masih banyak pemudik yang belum balik.

“Berdasarkan data sekarang ini tercatat sekitar 2.000 lebih penumpang telah diberangkat dari Palembang ke Jakarta serta sejumlah daerah di Pulau Sumatera dan Jawa lainnya menggunakan pesawat 10 maskapai penerbangan,” kata Iwan petugas Posko Mudik Lebaran 2017 di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, Rabu (28/6/2017), seperti dilansir Antara.

Menurut dia, melihat jumlah penumpang yang telah diberangkatkan pada arus balik Lebaran tersebut menunjukkan tingkat pengisian penumpang (load factor) baru sekitar 70 persen dari total kapasitas tempat duduk pesawat yang tersedia.

Jumlah penumpang pesawat diprediksi mulai mengalami lonjakan pada Jumat (30/6/2017) dan puncaknya Ahad (2/7/2017) karena masa cuti bersama berakhir dan karyawan perusahaan atau Pegawai Negeri Sipil/ASN sudah mulai masuk kerja.

Untuk mencegah terjadinya hambatan dalam pelayanan arus balik Lebaran ini, pihaknya bersama komunitas bandara lainnya dan didukung aparat keamanan berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada semua pengguna jasa angkutan udara di bandara ini.

Bagi penumpang yang mengalami hambatan apapun, silakan menghubungi petugas di Posko Mudik Lebaran yang lokasinya tidak jauh dari terminal keberangkatan dan kedatangan, kata petugas posko. Sementara salah seorang penumpang pesawat yang akan ke Jakarta Kusuma mengatakan, dia sengaja memilih lebih awal balik ke tempat asal setelah beberapa hari berkunjung ke Palembang untuk berlebaran karena pada hari ini Lebaran keempat tiket masih banyak tersedia dan harganya relatif murah.

“Hari ini tiket pesawat masih ada yang di bawah Rp600.000, namun jika sampai menunda mendekati berakhirnya masa liburan dan cuti bersama Lebaran Idulfitri tiketnya sudah mencapai Rp678.000 ke atas,” ujarnya.

General Manager PT Angkasa Pura II Palembang Iskandar Hamid menambahkan sejak 15 Juni 2017 pihaknya menyiapkan posko siaga mudik Lebaran 2017 untuk mengantisipasi lonjakan penumpang menjelang dan setelah Hari Raya Idulfitri.

Melalui posko mudik, masyarakat dapat memperoleh berbagai informasi terkait jadwal penerbangan hingga penerbangan tambahan (extra flight) seluruh maskapai penerbangan yang melayani rute Palembang-Jakarta dan ke beberapa kota tujuan lainnya seperti Bandung, Batam, Surabaya, dan Yogyakarta.

Pelayanan mudik Lebaran melalui Bandara SMB II Palembang ini diupayakan sebaik mungkin, sehingga seluruh pengguna jasa angkutan udara dapat menikmati perjalanan dengan nyaman dan sampai ke kota tujuan sesuai rencana, kata Iskandar.