ilustrasi

MAKASSAR, MENARA62.COM– Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah (AAGN) Puspayoga memberikan apresiasi tinggi terhadap peserta KKI III yang telah berhasil mengeluarkan 17 rekomendasi penting terkait pembangunan koperasi dimasa depan.

KKI III  yang menghasilkan 5 deklarasi Makassar dan 17 rekomendasi, telah meletakkan sebuah dasar dan menjadi trigger (pemacu) dimana koperasi pada nantinya akan bisa sejajar dengan BUMN dan swasta. Menurutnya, butir -butir deklarasi dan rekomendasi yang dihasilkan dari Kongres Koperasi, diantaranya, memodernisasi koperasi dengan memanfaatkan IT, revitalisasi KUD sampai konsolidasi usaha yang secara vertikal itu, benar- benar merupakan hal yang realistis yang dibutuhkan gerakan koperasi untuk secepatnya bangkit menuju cita-cita menjadi  pilar perekonomian nasional.

“Saya menaruh harapan besar pada koperasi untuk bisa bangkit dan saya percaya gerakan koperasi akan bisa melakukan itu,” kata Puspayoga, Sabtu (15/7).

Harapan itu, menurut Menkop bukannya tanpa dasar, jika merujuk pada pertumbuhan PDB (Produk Domestik Bruto) yang disumbangkan  koperasi yang  mengalami peningkatan dalam tiga tahun terakhir.

Jika pada akhir 2013, kontribusi koperasi terhadap pembentukan PDB masih 1,71 persen, pada 2016 sudah meningkat menjadi 3,99 persen.

“Itu semua tidak akan terjadi tanpa dukungan dari  pegiat gerakan  koperasi. Kami  di Kementrian memang punya kebijakan namun tidak memiliki kewenangan, tanpa gerakan koperasi di lapangan, kami bukan apa-apa,”  aku Menkop. (Agus Y)