Indonesia Drum Corps Tampil di Parkstad Limburg Stadion

Tim IDC saat latihan di Laura Hopel Combinatie, Kerkrade, Belanda, sehari jelang pertandingan./Foto Dok. IDC/Menara62.com

KERKRADE, MENARA62.COM—Tim Indonesia Drum Corps (IDC) tampil dalam World Music Competition (WMC) 2017 di Parkstad Limburg Stadion. Kontes yang diikuti oleh 17 grup dalam First dan World Division dimulai pukul 11.00 dan berakhir pada pukul 15.18 waktu Limburg.

IDC mengikuti dua kontes pada kelas World Division dalam dua hari pada Sabtu 15 Juli dan Minggu 16 Juli, kemarin. Pada Sabtu tersebut, Marching Parade Competition membuka rangkaian acara dengan lagu Mars Limburg disusul Mars Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) dan Bambu Runcing.

“Kami sengaja memasang Mars Limburg di awal agar penonton merasa terkoneksi dengan permainan kita,” kata Ketua Yayasan IDC Liesma Burhanuddin dalam keterangan pers yang dikirim kepada Menara62. Sedangkan untuk Marching Show esok IDC akan membawakan lagu-lagu daerah yang dirangkum dalam tema “Indonesian Archipelago”.

Saat latihan terakhir di Lapangan Laura Hopel Combinatie Komisioner kemarin, hadir juga Komisioner Juri WMC Hendry Jongen untuk mengecek kesiapan tim. Dia berpesan agar tim bermain kompak dan serempak, dia berharap tim ini dapat meraih medali emas sperti yang dicita-citakan. “Play with your heart. Jangan ada beban,” pesannya.

Komisioner Juri WMC Hendry Jongen saat mengoreksi sikap pemain saat latihan di Lapangan Laura Hopel Combinatie, Kerkrade, Belanda sehari jelang pertandingan/Foto Dok IDC/Menara62.com

Hendry mengatakan memang tim ini masih sangat belia, perlu latihan dan pengalaman lebih untuk sempurna. “Namun, melihat latihan tadi saya melihat sudah bagus,” Kata Hendry yang tampak sangat serius memberikan konsultasi dan menunjukkan gerakan-gerakan yang benar dan harus dilakukan kepada pemain-pemain yang dia lihat kurang bagus dalam bermain.

IDC ikut dalam dua kontes yaitu Marching Parade Competition dan Marching Show. Mereka berlatih marathon sejak Februari lalu. Tim beranggotakan sekitar 42 pemain dan 5 pelatih plus official berangkat ke Kerkrade sejak 8 Juli lalu. Di sini, tim IDC juga melakukan latihan untuk pemantapan.

World Music Contest adalah Event empat tahunan yang digelar di Kota Kerkrade, Provinsi Limburg, Belanda. Tahun ini, merupakan kegiatan ke-18 yang digelar mulai 8 Juli hingga 30 Juli di Parkstad Limburg Stadion. Indonesia Drum Corps mendapatkan jadwal pada 15 dan 16 Juli 2017. Lebih dari 20.000 partisipan dari berbagai  dunia telah mendaftar untuk mengikuti event ini, terdiri atas sekitar 250 grup Marching Band dan orkestra.

Dengan kehadiran grup music yang beragam dari berbagai dunia di event ini, diharapkan akan terlihat betapa music dapat menyatukan dunia. “Alle Menschen Werden Brüder” atau “WMC-Breathing the World” adalah motto WMC.