Telkomnika Raih Penghargaan Jurnal Ilmiah Terbaik

Hadi Suyono, Muchlas, dan Tole Sutikno memperlihatkan penghargaan yang diperoleh dari Kemenristekdikti di Kampus UAD, Kamis (31/8/2017). (foto : heri purwata)

YOGYAKARTA, MENARA62.COM — Jurnal Telkomnika (Telecommunication Computing Electronics and Control) milik Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta mendapat penghargaan jurnal ilmiah terbaik di Indonesia. Penghargaan Kekayaan Intelektual dari Kementerian Riset Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) diserahkan pada Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) di Makassar, Kamis (10/8/2017).

Demikian diungkapkan Wakil Rektor Bidang Konsolidasi dan Peningkatan Kualitas Akademik (WR I) UAD, Dr. H Muchlas MT, Kepala Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah (LPPI) UAD, Tole Sutikno, ST, MT, PhD., MIET, dan Humas UAD, Dr. Hadi Suyono kepada wartawan di Yogyakarta, Kamis (31/8/2017). Selain Telkomnika, dua dosen UAD, Tole Sutikno dan Ali Tarmuji juga mendapat penghargaan sebagai pengembang Aplikasi Sinta pada Hateknas.

Lebih lanjut Muchlas mengatakan penghargaan ini diraih Jurnal Telkomnika karena reputasinya yang baik. Di antaranya, menempati peringkat pertama internasional versi CiteScore, Scopus-Elsevier tahun 2016 dengan nilai 0,75. Sebelumnya, jurnal ini hanya menempati urutan empat dengan nilai 0,36.Selain itu, Jurnal Telkomnika sangat selektif dalam menerbitkan artikel dengan menempatkan anggota editorial board dari tiga benua. “Telkomnika menempati Kwartil 3 dan ini telah memenuhi standar nasional. Urutan peringkat kualitas jurnal adalah Kwartil 1, Kwartil 2, Kwartil 3, dan Kwartil 4,” kata Muchlas.

Sedang Tole Sutikno menambahkan prestasi ini diraih berdasarkan tiga hal penilaian yaitu relevansi, kualitas, dan diversitas. “Untuk diversitas, seluruh penulis dari seluruh benua. Minimal berasal dari tiga benua. Sedang relevansi, tulisan atau hasil penelitian ada relevansi dengan kondisi terkini,” kata Tole.

Jurnal yang terbit empat kali dalam setahun ini setiap edisinya memuat 50 artikel. “Satu penerbitan ada 50 artikel, dan yang mengirimkan artikel lebih dari 400 dari berbagai negara. Artikel diseleksi ada yang dikembalikan kepada penulis untuk diperbaiki, tetapi ada juga yang ditolak,” kata Tole.

Telkomnika yang memiliki ISSN: 1693-6930, e-ISSN: 2302-9293 merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan UAD bekerja sama dengan Institute of Advanced Engineering and Science (IAES ). Tujuannya, untuk menerbitkan artikel berkualitas tinggi yang didedikasikan untuk semua aspek perkembangan terkini yang beredar di bidang teknik elektro.

Lingkupnya meliputi aplikasi Teknologi Informasi dan Telekomunikasi, Komputasi Terapan dan Komputer, Instrumentasi dan Kontrol, Teknik Elektro (Listrik), dan Elektronika. Jurnal Telkomnika pertama kali diterbitkan tahun 2003.

Jurnal ini terdaftar di sistem CrossRef dengan prefiks Digital Object Identifier (DOI) 10.12928. Journal telah diindeks oleh SCOPUS, Google Scholar, Scholar Metrics. Jurnal ini memiliki perjanjian lisensi dengan ProQuest LLC dan EBSCO Publishing.