Penguatan Karakter di SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta

TIM dari BPMRPK sedang menerangkan

SOLO, MENARA62.COM — Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan (BPMRPK) Yogyakarta dan Pustekkom Kemdikbud, mengunjungi SD Muhammadiyah 1 Ketelan, Surakarta, Jawa Tengah, Kamis (14/9/2017).  Kunjungan ini dalam rangka pendampingan dan penguatan kegiatan belajar mengajar yang berkarakter berbasis TIK.

Afidah Indranurwati bidang multi media dan Web dari Pustekkom Kemdikbud, menyampaikan “Portal pustekkom ini dapat dimanfaatkan oleh guru untuk mendukung proses mengajar interaktif di kelas. Di dalam portal itu sendiri terdapat sejumlah fitur menarik seperti Buku Sekolah Elektronik (BSE) dan Sumber Belajar,” ujarnya.

Mereka yang mengunjungi situs ini juga akan menikmati sebuah fitur bernama Sumber Belajar, di mana pengunjung bisa mendapatkan penjelasan materi pelajaran secara komprehensif dan interaktif.

 

Guru-guru SD Muh 1 serius mengikuti kegiatan

Setiap materi akan dikupas mulai dari kompetensi, materi, simulasi, latihan, dan tes. Seluruhnya disajikan dengan menggunakan audio video dan animasi, sehingga diharapkan akan memudahkan siswa memahami materi terkait.

 

Bambang Edi Purnomo dari BPMRPK mengatakan, lembaganya merupakan institusi pendidikan yang mengembangkan dan mendayagunakan TIK berbasis radio. “BPMRPK menyediakan beragam konten pendidikan atau pembelajaran,” ujarnya.

Sebanyak 25 guru SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta, Jawa Tengah, mendapat pendampingan tentang pemanfaatan TIK sebagai upaya mewujudkan sekolah inovatif dan ke depan pendirian radio pendidikan berbasis streaming.