“Pinangan” Ranggon Sastra

JAKARTA, MENARA62.COM — Laki-laki itu tubuhnya gemetar saat menginjakkan kakinya di depan sebuah rumah. Ia mengucap salam dan memanggil pemilik rumah, yaitu Rukmana (Sohibul Anwar/Oo Tonggos). Sesaat keluar laki-laki setengah baya membuka pintu dan mengajaknya masuk dan duduk di kursi ruang tamu.

Agus Tubagus (Habil) nama laki-laki itu. Tubuhnya tiba-tiba gemetar hebat saat ditanya perihal kedatangannya ke rumah itu. Ia menjawab sembari menahan getaran hebat tubuhnya yang seakan tak mampu dibendungnya. Alasan-alasan kecil dan klise pun menjadi canda dan tawa yang sedikit menghilangkan kegugupannya.

Rukmana, sang pemilik rumah terus menginterogasi Agus perihal kedatangannya yang berbeda dari biasanya. Sebab interogasi kecil tersebut, Agus menjawab sembari menahan getaran tubuhnya bahwa ia datang untuk melamar atau meminang putri Rukmana, yaitu Ratna Rukmana (Siti Syalwa).

Agus Tubagus dan Ratna Rukmana adalah dua tokoh dalam naskah “Pinangan” karya Anton Chekhov sutradara Sohibul Anwar (Oo Tonggos) dipentaskan oleh Komunitas Ranggon Sastra (KRS) pada Festival Teater Jakarta wilayah Jakarta Timur, Jumat (06/10/2017) di Balai Latihan Kesenian Jakarta Timur. Festival teater tersebut serentak diadakan di seluruh wilayah Jakarta diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata DKI Jakarta.

Komunitas Ranggon Sastra adalah salah satu kelompok seni yang ikut serta pada pesta kesenian tahun ini yang digelar setiap tahun. Jakarta Timur adalah salah satu wilayah yang menggelar festival teater tersebut dan diikuti oleh beberapa kelompok seni yang berdomisili di wilayah timur. Pada festival tersebut akan dipilih beberapa kelompok atau grup terbaik yang nantinya akan pentas lagi pada final festival teater tersebut di Taman Ismail Marzuki.