Selenggarakan Wisuda, Rektor Unbara Sampaikan Filosofi Kuncir

OKU, MENARA62.COM — Sebanyak 494 mahasiswa Universitas Baturaja (Unbara), diwisuda pada Rabu (11/10/2017) di Gedung Kesenian Baturaja. Wisuda ini dilakukan untuk mahasiswa yang meraih gelar sarjana dan diploma dari lima fakultas Universitas Baturaja.
Dari 494 alumni yang diwisuda, jumlahnya terdiri atas 98 orang Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen, 11 orang Fakultas Ekonomi Program Studi Ekonomi Pembangunan, 54 orang FKIP program studi Bahasa Sastra Indonesia dan daerah, 90 orang FKIP Program Studi Teknologi Pendidikan, 33 orang dari FKIP Program Studi Bahasa Inggris, 48 orang Fakultas Teknik Program Studi Teknik Sipil, 14 orang Fakultas Teknik Program Studi Teknik Elektronika, 25 orang Fakultas Pertanian Program Studi Agro Teknologi, 29 orang Fakultas Pertanian Program Studi Agri Bisnis, 39 orang Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Program Studi Ilmu Komunikasi, 53 orang Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Program Studi Ilmu Pemerintahan.
Wisuda ke-19 ini dihadiri oleh berbagai unsur seperti Ketua Yayasan Pendidikan Sebimbing Sekundang Drs. H. Safaruddin Alwi, M.S., Kopertis Wilayah II Kabag Akademik, Rustina, S.E. M.Si., Asisten I Bidang Pemerintahan Setda OKU Mirdaili, S.STP., M.Si., Unsur Muspida, Kapolres Oku, Dandim Oku, Rektor Uiversitas Baturaja Dr. Bambang Sulistyo, M.Pd., Mantan Rektor Unbara Dr. Munajat, S.P. M.Si., dan Anggota Senat.
Bambang Sulistyo dalam sambutannya, mengucapkan selamat dan menyampaikan filosofi kuncir kiri dan kuncir kanan pada toga. Sebelah kiri sebagai bentuk kecerdasan intelektual, artinya mahasiswa masih dalam proses pembenahan mencari pengetahuan dan ilmu. Sebelah kanan bermakna kecerdasan sosial, artinya kesempurnaan pengetahuan (knowledge).
Lanjut Bambang, setelah mahasiswa nantinya terjun ke masyarakat maka kecerdasan sosial-lah yang akan digunakan dalam bermasyarakat. Karena pengetahuan tersebut sudah matang, maka butuh berbenah untuk menyongsong kehidupan ke depannya.
Dalam kesempatan ini, rektor Unbara juga menyampaikan, bahwasanya Unbara mendapatakn kepercayaan dari riset dikti untuk menjalankan program bidikmisi yang bertujuan untuk mengurangi angka kemiskinan dan sebagai jembatan mahasiswa agar diberikan kemudahan untuk menuntut ilmu di Universitas Baturaja.

“Semoga kualitas pendidikan di Unbara semakin maju, andal, dan pastinya selalu unggul dan berkarakter,” tuturnya.
Rustina, selaku kabag akademik Kopertis wilayah II Sumsel, berharap Unbara dapat segera meraih akreditasi A meningkat dari akreditasi B yang diraih sebelumnya. Ia pun menyampaikan, ucapan terima kasih karena sudah mewujudkan suasana akademik yang baik dalam memberikan pendidikan pada mahasiswa, sesuai dengan visi misi perguruan tinggi.

“Hal ini bisa tercapai karena adanya peran pemerintah daerah dalam memberikan dukungan kepada perguruan swasta selama ini. Pada era globalisasi ini persaingan semakin ketat, harus memiliki keahlian dan keilmuan dan harus mampu bersaing,” tukasnya

Tak ketinggalan Mirdaili selaku Asisten I Bidang Pemerintahan sekertaris daerah OKU dalam sambutannya menyampaikan, wisuda ini bukanlah akhir bagi wisudawan, melainkan awal untuk menghadapi tantangan kedepannya pada era globalisasi.
“Kami segenap pemerintah daerah, membangun pendidikan untuk menciptakan universitas yang memiliki daya saing. Pesan saya, jangan lupakan almamater dan masa kuliah kalian, kenanglah sebagai pemicu untuk memberikan pengabdian ilmu terbaik dalam profesi masing-masing,” harap Mirdaili. (Betry)