Industri Pariwisata Harus Jadi Penggerak Ekonomi Daerah

LAHAT, MENARA62.COM – Industri pariwisata seharusnya menjadi penggerak ekonomi daerah. Sebetulnya, pariwisata bisa dibangun dengan dana APBD, bahkan APBN. Dana sebesar 4 miliar pernah digelontorkan dari provinsi namun belum terealisasi karena kendala di lapangan. Demikian ungkap Nopran Marjani, Wakil Ketua DPRD Sumsel pada acara diskusi dengan tema Bicara Pariwisata Ekonom, di Gran Zuri, Lahat (10/12/17).

Acara diskusi pariwisata ini dipelopori pertama kali oleh Panoramic of Lahat, Lembaga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lahat.  Hadir pada acara ini antara lain; Tubagus Anggota DPRD Lahat, Amin Kabid Obyek Dinas Wisata Lahat, KAMMI Lahat, Dangau Adventure Lahat, KSR Lahat,  Pelangi Lahat, Genpi Lahat, Pelancu Lahat, dan Ketua Panoramic of Lahat Mario Andramatik.

Tubagus dalam diskusinya menyampaikan bahwa sektor pariwisata Kabupaten Lahat masih belum menjadi unggulan, karena terkendala lahan dan sumber daya manusia. Maka itu perlu ditingkatkan.

Pada kesempatan ini pula Ketua Panoramic of Lahat Mario Andramatik mengajak semua pihak untuk  menjadikan Kabupaten Lahat menjadi destinasi nasional, karena potensi pariwisatanya sudah kelas nasional. Lahat memiliki megalitik terbanyak dan terbaik se-Indonesia, air terjun terbanyak,  terowongan kereta api ke-10 di Indonesia. “Jika sektor pariwisata ini dibangun, sektor lainpun akan ikut bergerak. Jadi, tak ada alasan untuk menunda pembangunan sektor pariwisata di Kabupaten Lahat,” ungkap Mario.

 

 

Penulis : Nope