Tak ada Lengkuas di Pulau Lengkuas

BELITUNG, MENARA62.COM — Jika berkunjung atau berlibur ke Belitung tidak akan lengkap jika tidak mengunjungi sebuah pulau yag menjadi salah satu primadona pulau tersebut. Belitung selain memiliki keindahan gugusan pulau yang berjumlah ratusan dan bermacam bentuk batu granit, juga memiliki pesona laut dan bawah laut yang tidak boleh dilewatkan. Salah satu pulau yang wajib dikunjungi adalah Pulau Lengkuas. Pulau yang terletak di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitng itu tidak hanya menawarkan keindahan laut dan pantainya, tetapi pemandangan bawah lautnya tidak boleh dilewati begitu saja. Tidak lengkap jika sudah menginjakkan kaki di pulau itu dan tidak menikmati keindahan bawah lautnya.

Pulau Lengkuas dapat dijangkau dari pantai Tanjung Kelayang, dari sana dilanjutkan dengan perahu sekitar 30 menit. Selama di perjalanan, kita akan disuguhi pemandangan laut biru dan pulau-pulau kecil yang di tengahnya terdapat pepohonan dan batu-batu granit yang berbentuk unik. Biasanya, setiap perahu yang membawa wisatawan ke pulau Lengkuas akan berhenti sejenak di tengah-tengah laut guna memberi kesempatan pada wisatawan mengabadikan keindahan pulau-pulau itu.

Keindahan pulau Lengkuas tidak hanya pada pantai dan batu-batu granit saja, di sana terdapat sebuah mercusuar peninggalan Belanda sejak 1882. Mercusuar tersebut memiliki ketinggian 62 m dan masih dipakai sampai sekarang. Setiap wisatawan yang ingin melihat Belitung dari ketinggian bisa menaiki mercusuar tersebut dengan melewati ratusan anak tangga di dalamnya.

Pulau kecil bernama Lengkuas itu menawarkan keindahan batu-batu granit dan pasir putih juga pohon-pohon kelapa yang memesona. Selain itu, di depannya terdapat lokasi untuk pencinta pemandangan bawah laut atau snorkeling dan diving. Ada ratusan bahkan ribuan macam ikan yang dapat dinikmati keindahannya di bawah laut pulau itu. Tetapi, jika kita berkunjung ke pulau Lengkuas, kita tidak akan menemukan tumbuhan atau biji Lengkuas yang biasa kita temui di berbagai tempat. Pulau tersebut hanya namanya Lengkuas tetapi tidak terdapat tumbuhan itu di dalamnya.

Pulau Lengkuas menjadi salah satu tujuan utama setiap wisatawan ketika berkunjung ke Belitung. Hampir setiap hari pulau tersebut ramai oleh pengunjung baik lokal maupun mancanegara.