Tim dari RS PKU Muhammadiyah Bima dan Tim MDMC Bima gelar geladi posko

BIMA, MENARA62.COM– Rumah Sakit PKU  Muhammadiyah  Bima  bersama  Muhammadiyah  Disaster  Management  Center  (MDMC) gelar kegiatan Geladi Posko di Kota Bima. Kegiatan yang diselenggarakan di Aula Hotel Mutmainah pada Kamis (21/12) tersebut merupakan rangkaian kegiatan  dari program Kesiapsiagaan Rumah Sakit dan Kesiapan Masyarakat untuk Kedaruratan dan Bencana (HPCRED).

Tujuannya untuk memperkuat kapasitas RS  PKU  Muhammadiyah  Bima  dan  masyarakat  di  lingkar  rumah  sakit,  tepatnya  di  Kelurahan Monggonao, Nae, dan Pane, Kota Bima.

“Geladi  posko  bertujuan  untuk  menguji  kapasitas  dan  kesiapsiagaan  rumah  sakit  dan  para  pihak lembaga/instansi lain dalam penanggulangan bencana berdasarkan skenario latihan yang disesuaikan dengan permasalahan yang sebenarnya,” Imran Syafrudin, S.Pdi, Manajer Area Program HPCRED MDMC PP Muhammadiyah RS PKU Muhammadiyah Bima dalam siaran persnya, Jumat (22/12/2017).

Pada geladi posko di Kota Bima menggunakan kasus banjir bandang berdasarkan potensi ancaman bencana dan pengalaman kejadian pada Desember 2016 lalu.

Harapannya,  melalui  geladi  posko  ini  dapat  meningkatkan  kemampuan  Sistem Komando  Bencana Rumah  Sakit  yang  dimiliki  RS  PKU  Muhammadiyah  Bima  dalam  menyusun  rencana  operasi  dan mengkoordinasikannya dengan instansi lain dalam situasi darurat. Geladi posko ini sekaligus menguji dokumen Rencana Penanggulangan Kedaruratan Bencana Rumah Sakit dan Rencana Kontingensi yang telah disusun oleh RS PKU Muhammadiyah Bima.

Saat membuka kegiatan Geladi Posko, Kasubdit Perencanaan Siaga Direktorat Kesiapsiagaan BNPB, Dra.Eny Supartini, MM yang menyampaikan apresiasinya kepada RS  PKU  Muhammadiyah  Bima  dan  MDMC  yang  sudah  menerapkan konsep dan standar rumah sakit aman bencana yang masih jarang ditemui di Indonesia.

Hadir pula dalam  kegiatan  ini,  PKK  Kemenkes  RI,  BPBD  DIY,  dan  sebagai  tim  penilai  dari  MDMC,  MPKU  PP Muhammadiyah dan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya.

Geladi posko diikuti oleh  Sistem Komando Penanganan  Darurat dan Bencana Rumah Sakit (SKPDB) PKU Muhammadiyah Bima, MDMC Kota & Kabupaten Bima, BPBD Kota Bima, Dinas Kesehatan Kota & Kabupaten Bima, Tim Siaga Bencana Kelurahan (TSBK) Monggonao, Nae, dan Pane, Polres Kota Bima,Orari, Pos SAR Bima, BMKG, Puskesmas Asakota dan Mpunda, dan RSUD Bima. (Aulia)