Upacara Bendera untuk Menumbuhkan Nilai-nilai Karakter Anak Bangsa

Tim Paskibra SMA Muh 1 saat upacara di SD Muh 1 Surakarta

SOLO, MENARA62.COM — Ratusan Siswa Sekolah Pendidikan Karakter Berbasis TIK SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta mengikuti Upacara Bendera hari Senin tampak berbeda dengan upacara biasanya, karena petugas upacaranya berasal dari Tim Paskibra SMA Muhammadiyah 1 Surakarta.

Upacara memiliki manfaat yang sangat baik bagi upaya penumbuhan budi pekerti dan karakter bangsa, terutama nilai-nilai kebangsaan dan kebhinekaan. Value yang terkandung di dalam setiap urutan tata upacara bendera di antaranya ialah nilai kedisiplinan, kepemimpinan, kerja sama dan kekompakan, kekuatan fisik dan mental, patriotisme dan lain sebagainya, Senin (12/3/2018).

Dalam amanatnya, Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarpras Sahudi, S.Pd., memberi pesan-pesan penting kepada siswa-siswi sekolah pendidikan karakter berbasis TIK yang telah menerapkan kurikulum Cambridge Inggris itu.

“Pertama, Terima kasih tim Kesenian yang telah bermain di Direktorat Kesenian Kemendikbud RI di Jakarta dengan sukses. Kedua, Terima Kasih kepada tim Paskibra (Pasukan Pengibar Bendera) dari SMA Muhammadiyah 1 Surakarta yang telah berkenan menjadikan petugas di SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta contoh yang baik anak-anak dalam melaksanakan tugas. Diharapkan kepada semua anak, besok yang menjadi yang petugas upacara diharapkan seperti ini artinya siap, tegas dan disiplin.”

Sementara itu, Kepala Sekolah Sri Sayekti, S.Pd., M.Pd., mengatakan “Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan inspirasi dan contoh kepada anak-anak tentang arti penting Upacara Bendera yang dilaksanakan dengan baik dan dipersiapkan sungguh-sungguh. Sekaligus kegiatan ini dimaksudkan membangun silaturahmi dan sinergi sekolah-sekolah Muhammadiyah pada umumnya dan SMA Muhamadiyah 1 pada khususnya.”

Upacara dilanjutkan penyerahan juara “Siswa SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta, Jawa Tengah, kembali menorehkan prestasi. Mereka membawa pulang Juara I OSN IPA tingkat Kecamatan Banjarsari atas nama Wildan Haris Rasikh kelas 5B, Harapan II OSN Tingkat Kecamatan kategori Matematika Khaylila Pradipta Ayu Pasha kelas 5 B, Piala Juara III Lomba Drum Junior dalam acara Surakarta Waralaba Festival 27-28 Januari 2018 Dinas Kebudayaan Kota Surakarta, dan Juara Harapan II lomba mewarnai tingkat SD se-Solo Raya yang diselenggarakan Trans Studio, 11 Februari 2018 atas nama Carissa Marcheta.

Olimpiade Sains, di bawah bimbingan Imam Priyanto, S.Pd., dan Jaka Prasetya, S.Si., berhasil membawa piala. “Harapan kami semoga bisa menambah pengalaman dan mampu mewarnai di tingkat kota untuk mensyiarkan anak didik Perguruan Muhammadiyah,” ungkap Sri Sayekti.

Siswa yang menang dalam lomba Wildan Haris Rasikh mengaku senang karena mendapat juara dan mewakili kecamatan untuk lomba di tingkat Kota, begitu pula Khaylila Pradipta Ayu Pasha, “Senang dan bahagia karena dapat lolos dan membanggakan sekolah serta orang tua”.

Di tambahkan Jatmiko, “Semoga kegiatan Upacara Bendera ini mampu menumbuhkan nilai-nilai karakter bangsa dan mencetak generasi-generasi yang kuat dan tangguh baik generasi masa kini, juga generasi melenial. Sehingga pada akhirnya tujuan pendidikan karakter yang dicita-citakan dapat terwujud dengan baik yang bersumber dari nilai-nilai agama dan budaya secara lokal dan global.”

Para juara