Taiwan Expo 2018 Hadirkan Ratusan Industri Halal

Para Narasumber VIP berfoto bersama usai acara konferensi pers Taiwan Expo 2018, bertempat di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (22 Maret 2018).(ist)

JAKARTA, MENARA62.COM– Industri halal sudah menjadi bagian penting bagi negara Taiwan. Karena itu selain munculnya bangunan-bangunan masjid, di negara tersebut hampir semua hotel berlomba-lomba menyediakan ruang untuk sholat dan restoran berebut mendapatkan sertifikasi halal.

“Bagi orang Indonesia, Taiwan bisa menjadi negara pilihan untuk semua kebutuhan. Baik bisnis, pariwisata,kesehatan maupun pendidikan. Kami sangat bersahabat dengan hal-hal yang bersentuhan dengan muslim dan kehalalan produk,” kata Vanessa Chang, Deputy Executive Director of Taiwan Trade Development Council (TAITRA) di sela media gathering terkait penyelenggaraan Taiwan Expo 2018, Kamis (22/03/2018).

Karena itu dalam Taiwan Expo 2018 yang akan berlangsung 29-31 Maret 2018 di Jakarta Convention Center (JCC), TAITRA menyediakan booth khusus Paviliun Taiwan Halal. Booth ini menyediakan setidaknya 120 produk halal asal Taiwan mulai dari  produk makanan, minuman, kosmetik dan produk kesehatan yang sudah mengantongi sertifikat halal dari lembaga yang berwenang.

Beberapa produk unggulan yang akan dipamerkan pada Taiwan Expo 2018. (inung)

“Jaminan halal tersebut mulai dari bahan mentah, cara pengolahan, proses penyimpanan dan lainnya. Semua menampilkan lingkungan yang ramah terhadap umat muslim,” lanjut Vanessa.

Selain Paviliun Taiwan Halal, tahun ini Taiwan Expo juga akan mnghadirkan Paviliun Digital Commerce yang mengerahkan startup-startup serta platform e-commerce inovatif Taiwan, bersama dengan perangkat app-enabled smart call-out pertama di dunia yang memenangkan penghargaan Inovasi CES 2017. Taiwan Expo 2018 akan menghadirkan inovasi penerjemah bi-directional pertama di dunia dan mereka pun bisa beratraksi dengan para startup Indonesia.

Bagi yang penasaran dengan teh khas Taiwan, pada Taiwan Exo 2018 Taitra juga menyediakan Paviliun Bubble Tea. Minuman yang dikonsumsi hingga 1,02 miliar cangkir per tahunnya di Taiwan tersebut  menjadi jenis minuman populer di Taiwan.

“Pengunjung bisa menikmati perpaduan sempurna antara teh khas Taiwan dengan budaya makanan asal Taiwan,” tukas Vanessa.


Mr. Jack Hsiao selaku Director of Taipei Economic & Trade Office (TETO) in Indonesia, Vanessa Chang, Deputy Executive Director of TAITRA , Rini Lestari, Vice Chairman of KADIN Indonesia Taiwan Committee, dan Mr. Danny Liao, Director of Taiwan Trade Center Jakarta. (ist)

Semangat industri Taiwan

Vanessa mengakui Indonesia menjadi salah satu negara dengan pasar yang amat potensial untuk semua produk dan layanan. Karena itu even Taiwan Expo yang menjadi garapan TAITRA dalam dua tahun berturut-turut, selalu mendapatkan antusiasme tinggi dari kalangan industri di Taiwan.

Tahun lalu, Taiwan Expo di Indonsia diikuti 140 vendor, meningkat menjadi 230 vendor pada tahun ini. Taiwan Expo 2018 akan menghadirkan lebih dari 4.500 produk dan layanan berkualitas dari industri-industri ternama Taiwan dengan enam tema utama yakni smart application, green technology, medical services, agricultural techniques, LOHAS consumtion serta tourisme dan culture.

Jack Hsiao, Director of TaipeiEconomic & Trade Office in Indonesia mengatakan Taiwan adalah mitra bisnis yang strategis bagi Indonesia. Sejumlah kesepakatan kerjasama mampu terjalin sebagai tindaklanjut dari Taiwan Expo tahun lalu.

Mr. Jack Hsiao selaku Director of Taipei Economic & Trade Office (TETO) in Indonesia, dan (kanan) Vanessa Chang selaku Deputy Executive Director of TAITRA.(ist)

“Kami berkeyakinan, Taiwan Expo 2018 juga akan melahirkan banyak kesepakatan kerjasama baru antara industri Taiwan dengan Indonesia,” katanya.

Bagi Jack, Taiwan bisa menjadi solusi bagi kebutuhan industri di Indonesia. Banyak produk berkualitas yang belum dikenal baik oleh masyarakat maupun kalangan industri di Indonesia.

“Expo kali ini akan memperkenalkan kekuatan industri ramah lingkungan serta smart tecnology dalam industri dan peralatan rumah tangga, sehingga dapat dicapai keuntungan komplementer dari kedua sektor industri tersebut,” tambah Jack.

Bagi Jack, isu pembangunan berkelanjutan menjadi semakin penting dan oleh karena itu Taiwan Expo akan menunjukkan kekuatan industri ramah lingkungan asal Taiwan melalui isu-isu seperti industri bangunan ramah lingkungan, hemat energi dan lainnya.

Selain acara utama, Taiwan Expo 2018juga akan diisi dengan one-one trade meetings, forum industri, pertunjukanbudaya serta Taiwan excellence zumba fest. Forum industri yang disiapkan diantaranya Taiwan Excellence Smart City seminar dan Taiwan Medical Day yang bertujuan memfasilitasi pertukaran profesional antara kedua negara.

Sedang Taiwan excellence zumba fest bertujuan mendorong gaya hidup sehat masyarakat. Tarian ini akan dipandu oleh instruktur Zumba populer Liza Natalia dan Yuanita Chistiani selaku Celebrity Endorser Taiwan Excellence di Indonesia.