Peringati Hari Kartini 2018, Dharma Wanita Kemendikbud Gelar Bazaar

Pengurus dan anggota Dharma Wanita unit Kemendikbud berfoto bersama pada bazaar Hari Kartini 2018

JAKARTA, MENARA62.COM– Memperingati Hari Kartini 2018,  Dharma Wanita unit Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) gelar bazaar. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari yakni 16-18 April 2018 tersebut diikuti 70 stand.

“Alhamdulillah, banyak pelaku usaha kecil menengah yang bergabung dalam bazaar ini. Terdiri atas pedagang produk fesyen, peralatan rumah tangga, produk kesehatan hingga kuliner dengan harga cukup terjangkau,” kata Ketua Dharma Wanita Kemendikbud Ny Budiarti, Rabu (18/4).

Kegiatan bazaar yang rutin digelar tiga kali dalam setahun, merupakan program kerja Dharma Wanita Kemendikbud bidang Pemberdayaan Ekonomi. Tujuannya antara lain membantu memberdayakan pelaku usaha kecil dan menengah dengan memberikan ruangan bagi mereka untuk memasarkan produknya langsung kepada masyarakat.

Meski berada dilingkungan Kemendikbud, diakui Ny Budiarti, bazaar amat diminati para pelaku UMKM. Sehingga setiap ada bazaar, pesertanya sebagian besar adalah wajah lama. Hanya sebagian kecil yang merupakan wajah baru.

“Umumnya mereka memang sudah biasa ikut bazaar di kementerian. Karena mereka sudah memiliki komunitas sendiri sehingga mudah bagi kami menawarkan bazaar,” tambah Ny Budiarti.

Selain dalam rangkaian Hari Kartini, kegiatan bazaar Dharma Wanita juga akan digelar nanti menjelang Idul Fitri dan Peringatan Hari Ibu.

Terkait Hari Kartini, Ny Budiarti menjelaskan bahwa wanita jaman sekarang harus meningkatkan kemampuan diri di segala bidang termasuk diantaranya bidang ekonomi. Dengan demikian, wanita bisa hidup mandiri tanpa harus bergantung pada suami.

“Harapan Ibu RAKartini pada wanita Indonesia diantaranya adalah agar kita terus maju dalam pola berpikir,” tutup Ny Budiarti, didampingi Ketua Bidang Pemberdayaan Ekonomi Ny Mulat Sutanto.