panglima tni
Arsip Foto. Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto melambaikan tangan saat berjalan menuju helikopter Kalakar PC 725 yang akan ditumpanginya menuju wilayah perbatasan bersama Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian di Lanud Tarakan, Kalimantan Utara, Rabu (28/3/2018). (ANTARA /Fachrurrozi)

NATUNA, MENARA62.COM — Empat pesawat F-16 mengawal rombongan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto saat melakukan kunjungan kerja ke wilayah Natuna, Kepulauan Riau. Panglima berangkat menggunakan pesawat Boeing 737-400 VIP TNI Angkatan Udara, dengan pengawalan empat pesawat tempur F-16 di atas Perairan Natuna, Senin (23/4/2018), seperti dilansir Antara.

Pengawalan yang dilakukan empat pesawat tempur dari Skuadron Udara 16 Lanud Roesmin Noerjadin di perairan Natuna tersebut, lantaran kawasan ruang udara atau Flight Information Region (FIR) Natuna di sektor A, masih dipegang otoritas Singapura.

Pengawalan empat pesawat tempur asal Amerika Serikat itu, dilakukan saat rombongan pesawat Panglima TNI berada di ketinggian 15.000 kaki. Empat pesawat itu terus melakukan pengawalan hingga pesawat yang ditumpangi Panglima TNI mendarat di Lanud Raden Sadjat, Rinai.

Pemerintah melalui Menko Kemaritiman telah membentuk tiga tim, terdiri atas tim teknis yang mencakup airnav, Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Kohanudnas yang menyiapkan sarana dan prasarana untuk pengambilalihan FIR dari Singapura kepada Indonesia. Selain itu, tim regulasi yang menyiapkan peraturan dan tim diplomasi untuk berunding dengan Singapura.

Panglima TNI kunjungan kerja ke wilayah Natuna untuk meninjau pembangunan kekuatan militer.

Turut serta dalam rombongan kunjungan kerja Panglima TNI itu, antara lain Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang, Pangkostrad Letjen TNI Agus Kriswanto, Danjen Kopassus Mayjen Eko Margiono, Dankoar Mayjen (Mar) Bambang Suswantono, Dankorpaskhas Marsda TNI Seto Purnomo, Anggota Komisi III DPR Ahmad Sahroni, dan para Asisten Panglima TNI dan Mabes Angkatan.

Setelah tiba di Lanud Raden Sadjat Ranai, Kepulauan Natuna, Panglima TNI beserta rombongan bergerak menuju Pulau Sekatung dengan menggunakan Helly EC-725 untuk meninjau pos pamputer dan mes prajurit.

Selanjutnya, rombongan Panglima TNI bergerak menuju Tanjung Datuk dan mendarat di helipad di Jalan Teluk Buton dengan ETA 10.45, untuk menuju Rai Armed. Helikopter Mi-7 VIP TNI AD dari Ranai ETA Jalan Teluk Buton 10.35, selanjutnya bergerak ke Rai Armed dengan menggunakan Bus VIP untuk menunggu rombongan Panglima TNI.

Panglima TNI juga direncanakan meninjau Yon Komposit TNI AD di Sepempang, kemudian rombongan yang menggunakan dua unit heli (EC-725 dan Mi-17) bergerak ke Selat Lampa untuk meninjau fasilitas pelabuhan milik TNI Angkatan Laut dan beberapa tempat lainnya.