Komnas PA Kunjungi Lansia di Temanggung

TEMANGGUNG – Orang lanjut usia (Lansia) membutuhkan sentuhan kasih sayang lebih besar dari keluarga. Tak sekedar membuatnya hidup bahagia dihari tuanya, perhatian dan kasih sayang yang besar akan membuat lansia hidup lebih bersemangat dan sehat.

Karena itu Dr Imaculata Umiyati, Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (Komnas PA) meminta masyarakat menyediakan waktu meski sebentar untuk menjenguk dan mengunjungi lansia.

“Mereka adalah orangtua kita yang telah banyak berjasa dalam kehidupan setiap orang,” kata Imaculata yang akrab disapa dengan Bunda Ima di sela kunjungan ke Desa Rawa Seneng, Kandangan, Temanggung, Jateng, Minggu (13/5).

Ia mengingatkan menjadi tua acapkali akrab dengan berbagai keluhan seputar kesehatan. Penyakit-penyakit degeneratif seperti jantung, stroke, gagal ginjal dan lainnya bisa dicegah jika sejak dini lansia diajak hidup sehat.

Meski Komnas PA memiliki program kerja dibidang anak-anak, tetapi Bunda Imaenyempatkan waktu untuk mengunjungi lansia di sejumlah daerah. Satu diantaranya di Desa Rawa Seneng Temanggung, Jateng.

Di desa tersebut Bunda Ima bersama  Ketua Umum Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas Anak), Arist Merdeka Sirait melayani para lansia dengan penuh kasih sayang. Mulai dari urusan makan, mandi dan kebutuhan obat-obatan.

“Kami juga ajak para lansia untuk ngibtol supaya mereka terhibur. Karena banyak orangtua yang merasa kesepian dihari tuanya,” tambah Bunda Ima yang juga merupakan Bunda Anak Autis Indonesia.

Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait mengatakan keterlibatan Bunda Ima mengurus lansia menjadi bukti bahwa Komnas PA hadir untuk semua masyarakat.

“Memang sehari-hari kita lebih konsentrasi pada urusan anak-anak. Tetapi kami juga peduli dengan lansia,” tutup Arist.