Dosen UM Magelang dan Untidar Dirikan PKBM

Peluncuran PKBM Omah Sinau di Desa Ringinanom , Kabupaten Magelang, Sabtu (19/5/2018).

MAGELANG, MENARA62.COM — Dosen Universitas Muhammadiyah (UM) dan Universitas Tidar (Untidar) Magelang melakukan kolaborasi mendirikan Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM). PKBM yang diberi nama ‘Omah Sinau’ dan berada di Desa Ringinanom, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang diluncurkan, Sabtu (19/5/2018).

Dosen yang berkolaborasi adalah Khusnul Laely, S.Pd, M.Pd, Dede Yudi, S.Pd, Sambodo Sriadi Pinilih S.Kep., Ns., M.Kep dari UM Magelang dan Siti Nurul Iftitah, S.P., M.P dari Untidar. Sedangkan Khusnul Laely sebagai koordinatornya.

Dijelaskan Khusnul, peluncuran PKBM ‘Omah Sinau’ didahului dengan workshop tentang Tupoksi Kelembagaan PKBM serta serah terima alat kesehatan untuk Desa Ringinanom dan Desa Sidoagung.

Lebih lanjut Khusnul menjelaskan pembentukan PKBM bertujuan mengkoordinasi pelaksanaan program kegiatan pemberdayaan masyarakat di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan pertanian. PKBM ini merupakan tujuan dari pengabdian multi years Iptek bagi Wilayah (IbW) selama tiga tahun. “Tahun ini merupakan tahun terakhir atau tahun ketiga,” tutur Laely.

Khusnul merinci, selama tiga tahun, ia bersama tiga dosen lainnya telah mengadakan berbagai kegiatan. Di bidang pendidikan, di Desa Ringinanom kini telah berdiri Taman Bacaan Masyarakat ‘Senang Pintar’ dan Pos PAUD ‘Ar-Rayyan”. Di bidang kesehatan, telah terbentuk Bina Keluarga baik bagi Balita, remaja, dan Lansia.

Di bidang ekonomi, ujar Khusnul, pihaknya telah melakukan berbagai pelatihan antara lain pelathan menjahit serta pelatihan olahan makanan bahan baku lokal. Adapun di bidang pertanian masyarakat setempat telah menikmati hasil dari budidaya jamur.

Sementara Achmat Supratikno, Kepala Desa Ringinanom mengungkapkan rasa terima kasih kepada tim IbW yang telah merintis PKBM di desanya. Ia berharap agar kesadaran masyarakat di bidang pendidikan semakin meningkat . Selain itu, perekonomian warga yang telah mendapatkan berbagai kegiatan pelatihan dan ketrampilan juga meningkat.