KLHK Kampanyekan Mudik Tanpa Sampah Plastik

JAKARTA – Kendalikan sampah plastik, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) kampanyekan Mudik Asik Tanpa Sampah Plastik. Kampanye tersebut salah satunya dilakukan kepada ribuan peserta mudik gratis Sido Muncul yang digelar di lapangan parkir museum Purna Bakti TMII, Sabtu (9/6).
Peserta mudik yang membawa makanan dan minuman maupun tentengan lain, pasti juga menghasilkan sampah. Mereka diimbau untuk tidak membuang sampah ditempat sembarangan.
Hal utama adalah para pemudik diminta tidak menggunakan plastik untuk wadah makanan maupun minuman. Gunakan wadah secara daur ulang sehingga tidak menghasilkan sampah plastik.
Direktur PT Sido Muncul Irwan Hidayat mengatakan pemerintah sudah banyak melakukan upaya untuk mengendalikan sampah plastik. Tetapi tanpa peran masyarakat tentu upaya pengendalian sampah plastik tidak bisa optimal.
Sebelum dilepas, para pemudik antusias mengikuti kuis terkait sampah dan program KLHK. Mulai dari sampah organik, sampah anorganik hingga pemilahan sampah.
Dalam kampanye tersebut KLHK juga membagikan tumbler gratis untuh wadah minuman para peserta mudik.
Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 KLHK Rosa Vivien Ratnawati meminta agar para penumpang membuang sampah pada tempatnya
“Kami sudah sediakan tempat samah. Yang warna hitam untuk sampah anorganik dan yang hijau untuk sampah organik,” katanya.
Menurutnya jika mudik tanpa sampah, pemudik akan jauh lebih nyaman dan juga sehat.