Pemkab Gorontalo Serahkan Hibah Rp400 juta Untuk UM Gorontalo

Universitas Muhammadiyah Gorontalo
Universitas Muhammadiyah Gorontalo terima hibah Rp 400 juta, dari Pemkab Gorontalo.

GORONTALO, MENARA62.COM — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo menyerahkan bantuan dana hibah sebesar Rp400 juta untuk Universitas Muhammadiyah  (UM) Gorontalo.

Antara melansir, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, Rabu (13/6/2018) mengatakan, dana tersebut diberikan untuk pembebasan lahan sekitar UMG.

“Saat ini UMG yang berada di Kabupaten Gorontalo menjadi salah satu perguruan tinggi yang kita perhatikan dan akan terus dikembangkan,” ucap Nelson.

Ia menjelaskan, di UM Gorontalo masih banyak lahan yang belum di bebaskan, terdapat 30 hektare tanah di areal kampus itu namun baru 12 hektare yang dibebaskan.

“Keberadaan perguruan tinggi di daerah merupakan kesempatan besar untuk mencerdaskan masyarakat dan meningkatkan perekonomian warga,” jelasnya.

Bupati Nelson yang juga pernah menjabat sebagai rektor tersebut mengatakan, jika ada perguruan tinggi, maka generasi muda di daerah itu tidak perlu jauh-jauh menimba ilmu di daerah lain.

“Selain ilmu pengetahuan, masyarakat sekitar juga bisa memanfaatkan kampus untuk berjualan dan usaha lainnya sehingga perputaran ekonomi berjalan dengan baik dan lancar,” kata dia.

Ia bertekad untuk terus mengembangkan UMG serta membebaskan seluruh lahan yang ada. Selain memberikan dana hibah, Pemkab Gorontalo juga mulai membangun Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) senilai Rp20 miliar di UM Gorontalo.

Rusunawa tersebut akan memiliki empat lantai dan disewakan khusus bagi mahasiswa.