Kebun Raya Bogor
Pengunjung Kebun Raya Bogor pada Ahad (17/6/2018), teringgi dalam lima tahun terakhir.

BOGOR, MENARA62.COM — Di hari ketiga libur lebaran IdulFitri 1439 H yang bertepatan dengan Ahad (17/6/2018), Kebun Raya Bogor masih diminati masyarakat sebagai tempat liburan murah. Bahkan, jumlah pengunjung Kebun Raya Bogor pada hari ini tercatat sebagai tertinggi dalam lima tahun terakhir.

Antara melansir, Kepala Subbagian Kerja Sama dan Pusat Informasi PKT Kebun Raya Bogor-LIPI, Rosniati Apriani Riset, menyebutkan jumlah pengunjung Kebun Raya Bogor hari ini mencapai 28.700 orang.

“Jumlah pengunjung Kebun Raya Bogor libur Lebaran pada hari ini merupakan yang tertinggi selama lima tahun terakhir,” katanya.

Risna merincikan, jumlah pengunjung Kebun Raya Bogor tersebut didominasi oleh pengunjung domestik yakni 28.678 orang, dan 36 orang wisatawan asing.

Pada hari pertama libur Lebaran tanggal 15 Juni, jumlah pengunjung Kebun Raya Bogor masih normal yakni 3.540 pengunjung Kebun Raya Bogor dari domestik dan 27 orang pengunjung Kebun Raya Bogor yang berasal dari wisatawan asing.

Memasuki hari kedua Lebaran tanggal 16 Juni, jumlah pengunjung Kebun Raya Bogor meningkat tiga kali lipat yakni 16.022 wisatawan domestik dan 57 orang wisatawan asing.

Kondisi ini berbeda selama bulan Ramadhan, kunjungan ke Kebun Raya Bogor relatif sepi, tetapi tetap ada rombongan yang berkunjung.

Kebun Raya Bogor bersiap menyambut libur Lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah/2018 dengan menambah fasilitas yang akan melayani pengunjung selama liburan.

“Persiapan tentu ada, di antaranya pembenahan, penyiapan petugas, dan layanan ‘wifi’ gratis untuk pengunjung,” kata Risna.

Adapun persiapan yang dimaksudkan yakni pembenahan sarana publik seperti penambahan loket, pemasangan CCTV, revitalisasi taman tematik, dan perbaikan beberapa bagian sarana dan prasarana.

“Seperti pengecatan dan perbaikan jalan kecil,” katanya.

Selain sarana dan prasaran, manajemen Kebun Raya Bogor menyiapkan tenaga petugas layanan publik, meliputi loket tiketing, keamanan, tenaga kesehatan dan ambulans.

“Kami memastikan pengunjung Kebun Raya Bogor berasa aman dan nyaman selama berlibur di KRB,” katanya.

Libur Lebaran tahun ini, lanjutnya, pengunjung Kebun Raya Bogor dapat menikmati layanan ‘wifi’ gratis yang tersebar di 27 titik dalam area Kebun Raya.