Pagar Alam, Kota Wisata Andalan Sumsel

sumsel-gemilang_20180621_172818
Gubernur Sumsel Alex Nurdin pada HUT Kota Pagaralam, Kamis (21/6/2018).

PALEMBANG, MENARA62.COM — Kamis (21/6/2018), Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengatakan, Pagar Alam sebagai kota wisata andalan Sumsel, karena potensi alamnya sangat indah serta menjanjikan.

“Bahkan kota Pagar Alam sebagai daerah tujuan wisata nasional sehingga potensi yang ada harus terus dikembangkan,” kata gubernur saat peringatan hari ulang tahun ke – 17 di kota Pagar Alam, Kamis, seperti dilansir Antara.

Lebih lanjut, ia mengatakan, sebagai gubernur pihaknya mendukung sepenuhnya pengembangan potensi wisata yang ada di kota Pagar Alam karena akan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dari berbagai daerah nusantara.

“Bukan itu saja, pengembangan juga akan meningkatkan sumber devisa dan pendapat daerah dari sektor pariwisata,” ujar dia.

Gubernur mengatakan, terlebih lagi dengan telah dibukanya Bandara Atung Bungsu sehingga wisatawan mudah berwisata ke Kota Pagar Alam.

“Memang, dalam rencana jangka pendek, Bandara Atung Bungsu akan membuka lebih banyak penerbangan lokal dengan rute Jakarta, Bandung dan beberapa kota besar di Indonesia,” ujar dia.

Sementara dalam jangka panjang akan dibuka penerbangan Internasional ke Singapura.

Ia mengatakan, potensi membuka rute penerbangan itu akan berdampak pada keterbukaannya potensi ekspor hasil pertanian yang berada di Pagar Alam, seperti komoditi bunga yang bisa langsung dapat dikirim melalui penerbangan.

Jadi Pagar Alam punya potensi luar biasa sehingga perlu terus dioptimalkan, kata gubernur. “Selain itu Pagar Alam punya kuliner dan pemandangan yang indah sehingga kunjungan wisatawan akan semakin banyak,” kata dia.

Sementara Penjabat Wali Kota Pagar Alam Musni Wijaya mengatakan, dengan bertambah umur, diharapkan kota Pagar Alam akan terus berkembang dan berkompetisi dengan daerah-daerah lain. “Apalagi dengan telah dibukanya jalur penerbangan ini maka diharapkan wisatawan semakin banyak berkunjung,” ujar dia.