Kapal Perang India Bertolak Dari Makassar

Kapal Perang India
Kapal perang India yang dilepas dari Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar, Selasa (26/6/2018).

MAKASSAR, MENARA62.COM — Wakil Komandan Lantamal VI Kolonel Marinir Rasman melepas dua kapal perang Angkatan Laut India, yakni India INS Shakti (A57) dan INS Kamorta (P28). Kedua kapal korvet India itu kembali berlayar meninggalkan Kota Makassar setelah berlabuh selama empat hari di Makassar, Sulawesi Selatan.

“Kedua kapal perang AL India ini yang telah sandar sejak hari Sabtu (23/6/2018) dan akan kembali berlayar menuju negaranya dan dilepas langsung oleh para pejabat Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) di dermaga Soekarno Hatta Makassar,” kata Rasman di Makassar, Selasa (27/6/2018), seperti dilansir¬†Antara.

Pelepasan yang dihadiri Wadan Lantamal VI bersama Athan India Captain Jasdeep Singh Dhanoa beserta para Asisten Danlantamal VI dan Kadis/Kasatker Lantamal VI.

Pelepasan kedua kapal perang AL India ini diiringi dengan lantunan musik Drum Band dari Satuan Musik (Satsik) Lantamal VI serta jajaran kehormatan dari para pejabat Lantamal VI dan dibantu dengan Merplug dari para personel Lantamal VI.

Selama sandar selama empat hari di Kota Makassar, para anggota ABK kapal perang AL India tersebut telah melaksanakan berbagai kegiatan persahabatan dan wisata, diantaranya dengan berkunjung ke Lantamal VI, Pemda Sulsel, Pemkot Makassar serta mengunjungi situs-situs tempat wisata sejarah di Sulsel dan berbagai kegiatan lainnya.

“Sebagai bagian dari komunitas dan diplomasi Internasional, TNI AL khususnya dari pihak kami yaitu Lantamal VI menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak, baik itu dari unsur kemaritiman Kota Makassar dan Pemda Sulsel serta Pemkot Makassar atas kerjasamanya yang telah banyak membantu dalam penyambutan,” ujarnya.

Termasuk pelayanan yang diberikan semenjak kedatangan kedua Kapal perang AL India ini dengan harapan bahwa agar hubungan persahabatan antara Indonesia dan India tetap berjalan dengan baik dan lancar.

Berlabuhnya kapal perang AL India ini merupakan kapal asing yang bersandar paling cukup lama di Makassar dalam dua tahun terakhir.