Malam Penghargaan Festival Film Internasional 2018

Festival Film Dalam Rangka Memperingati Hari Kemanusiaan 2018 (World Humanitarian Day 2018)

Dialo Budaya
Malam Penghargaan bagi para sineas internasional pemenang Festival Film Internasional 2018 dalam rangka memperingati Hari Kemanusiaan 2018 (World Humanitarian Day 2018), Selasa 3/7/3018).

YOGYAKARTA, MENARA62.COM — Komunitas Budaya Yogya Semesta bekerjasama dengan Internasional Film Festivals Group (IFFG), menggelar Dialog Budaya & Gelar Seni “YogyaSemesta” Seri-109, Selasa (3/7/2018) malam di Bangsal Kepatihan, Kompleks Kantor Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta.

Saat yang sama, juga dilakukan Malam Penghargaan bagi para sineas internasional pemenang Festival Film Internasional 2018 dalam rangka memperingati Hari Kemanusiaan 2018 (World Humanitarian Day 2018) yang dicanangkan oleh PBB.

Acara ini, dijadikan kesempatan untuk mempromosikan kepariwisataan Daerah Istimewa Yogyakarta ke dunia internasional.

Negara‐negara yang ikut serta Festival berjumlah 55 negara, dengan jumlah peserta mencapai 258 sineas. Di antara mereka telah dipilih beberapa pemenang yang hadir pada malam penghargaan. Sineas yang hadir diantaranya dari Amerika Serikat, Jepang, dan Cina.

Dialog Budaya & Gelar Seni

Malam Penghargaan ini dikemas dalam Dialog Budaya & Gelar Seni “YogyaSemesta” Seri-109 dalam bentuk Panel Diskusi dengan topik: “Media Film, Pariwisata dan Kemanusiaan”. Ada pun narasumber yang hadir Damien Dematra (Representatif IFFG, sutradara, script writer dan produser film, fotografer internasional dan pelukis sebagai penggagas acara ini), Cheryl Halpern (Sutradara dari AS), dan Yasuhiro Mitsuda (Sutradara dari Jepang).

Panelis, Achmad Munjid PhD (Staf Ahli Multikulturalisme, Antar-Iman dan Radikalisme, Divisi Riset dan Advokasi, Pusat Studi Keamanan dan Perdamaian UGM), Prof Dr M Suyanto MM (Rektor Universitas AMIKOM Yogyakarta), dan Ir Aji Kusworo MSc (Kepala Pusat Studi Pariwisata UGM).

Dalam acara ini, juga ada gelar seni berupa pergelaran tari gagrak anyar oleh koreografer Dosen ISI Yogyakarta. Diselenggarakan pada Slasa Wage malam, 3 Juli 2018, jam 18.30-22.00 di Bangsal Kepatihan, Kompleks Kantor Gubernur DIY. Disiarkan-tunda oleh JogjaTV dan JITV disertai live real-time streaming oleh JITV.

IFFG

IFFG adalah Penyelenggara Festival Film Internasional, yang berfokus membantu PBB mengangkat tema-tema perdamaian, lingkungan hidup, kesetaraan gender, toleransi, kesehatan, keberagaman budaya, turisme dan persamaan hak melalui media film‐film inspiratif. IFFG bekerjasama dengan banyak Festival Internasional lainnya melakukan syiar kemanusiaan, baik secara nasional maupun internasional.

Sejak didirikan tahun 2010, IFFG telah menerima lebih dari 75.000 film dari lebih 100 negara. Para sineas terkenal dunia pernah menerima penghargaan dari IFFG, di antaranya Leonardo Di Caprio, Robert Redford, Charlie Sheen, Disney, James Cromwell, Andy Garcia, Susan Sarandon, Julian Sands, dan David Anders. Tokoh‐tokoh nasional dan dunia yang pernah menerima penghargaan, di antaranya adalah Presiden Joko Widodo, Presiden Jimmy Carter, Presiden Barack Obama, Perdana Menteri John Mayor, Menteri LHK Siti Nurbaya, Mensos Khofifah Indar Parawansa, dan lain-lain.

Beberapa lembaga yang pernah bekerjasama dengan IFFG, antara lain adalah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kemenpora, RRI, UI, Universitas Mercu Buana, Dewan Kreatif Rakyat, Jaringan Bioskop XXI, Blitzmegaplex, CGV Blitz, U.S. Cultural Center, Institut Français d’Indonésie, French Cultural Center, Russian Culture, World Film Council dan majalah film paling terkenal di dunia MovieMaker.

Dalam bidang pendidikan, IFFG telah melatih lebih dari 1000 putera‐puteri bangsa. Program ini dilakukan oleh para sineas pemenang kepada para mahasiswa dan siswa yang belajar di bidang perfilman dan seni budaya.