PDM Pulang Pisau Merajut Silaturahmi

48

PULANG PISAU, MENARA62 – Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah mengggelar Silaturahmi dan Halal bi Halal Keluarga besar Muhammadiyah se Kabupaten Pulang Pisau, Selasa (3/7/2018).

Acara yang digelar di Masjid KH Ahmad Dahlan ini, antara lain dihadiri Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Tengah Drs HM Yamin Mukhtar Lc MPdI, serta undangan lainnya seperti Aisyiyah, Ortom dan Lazismu Kalteng dan pemerintah setempat.

PDM Pulang Pisau Merajut Silaturahmi
PDM Pulan Pisau gelar silaturahim di Masjid Ahmad Dahlan. Selasa (3/7/2018).

Najamuddin SAg Wakil Ketua PDM Pulang Pisau dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur dengan adanya kegiatan seperti ini. Menurutnya, acara ini dapat mempererat silaturahim antara warga Muhammadiyah yang berada di Pulang Pisau.

Ia mengajak semua warga Muhammadiyah untuk berupaya menumbuhkan dan memperkuat nilai-nilai kesalehan ibadah (hubungan dengan Allah) yang diiringi dengan kesalehan Sosial (hubungan dengan manusia).

Kegiatan

PDM Pulang Pisau, sejak tahun lalu sudah mengaktifkan Masjid KHA Dahlan. Di masjid ini, bukan sekedar sebagai tempat ibadah, tetapi juga tempat berkumpul jamaah dan warga untuk melakukan aktivitas sosial keagamaan lainnya, seperti pengajian rutin. Selain itu, juga olahraga, kegiatan Ramadhan seperti berbuka puasa bersama, tarawih, tadarus, dan lainnya.

PDM Pulang Piau juga menerima wakaf buku dari Majelis Pustaka dan Informasi Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang bekerjasama dengan Perpusnas RI sebanyak 500 judul buku, dan juga komunitas lainnya kepada Taman Pustaka Masjid KHA Dahlan. Di PDM ini juga sudah didirikan lembaga Zakat Lazismu yang baru terbentuk dan sudah dimulai dengan kegiatan pengumpulan dan penyaluran zakat,Infaq dan shodaqoh Ramadhan tahun ini.

“Terbentuknya ortom IMM Pulang Pisau yang akan selalu terlibat dalam setiap kegiatan Muhammadiyah, dan beberapa kegiatan yang menumbuhkan semangat dan ghiroh persyarikata,” ungkap Najmuddin.

Yamin Mukhtar dalam sambutan sekaligus tausyiyah pada acara tersebut mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh Muhammadiyah Pulang Pisau. Ia mengharapkan, apa yang sudah dilakukan untuk mengajak kepada kebaikan, peningkatan kualitas iman kepada Allah, baik dalam bentuk dakwah secara umum lainnya terus dilanjutkan. “Sekecil apapun kegiatan kesalehan, pendekatan umat kelak akan membawa hasil, mendapat pahala dan ridho Allah SWT,” ujarnya.

Menurutnya, gerakan Muhammadiyah Dakwah Amar Ma’ruf Nahi Munkar ini bukan sekedar simbol. “Lakukanlah tindakan walau sekecil atau sepele, tetapi tidak lepas dari upaya menyeru atau mengajak kepada kebaikan untuk menyelamatkan dan menyadarkan umat, dengan tetap berpegang teguh kepada Alqu’an dan hadist, Insya Allah manusia tidak akan sesat selama-lamanya,” ujar Yamin Mukhtar.

Ia menegaskan, “dengan merajut silaturahim dan memperkuat ukhuwah, dapat membuka dan mempertahankan hubungan yang baik dengan semua lapisan masyarakat, kita akan mendapatkan rezeki yang berkah dan akan dipanjangkan umurnya”.

Yamin, pada pemilu mendatang mencalonkan diri sebagai Anggota DPD RI Kalimantan Tengah periode 2019-2024.

Acara Silaturahmi dan halal bi halal Keluarga besar Muhammadiyah Pulang PIsau ini ditutup dengan pembacaan doa oleh Khadirun SPdI, takmir Masjid KHA Dahlan.