Kuliah Kerja Nyata, Ajang Mahasiswa Implementasikan llmunya

Mahasiswa UNY yang hendak KKN dilepas Menristekdikti M Nasir. (ist)

YOGYAKARTA – Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu ajang mahasiswa untuk mengimplementasikan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah secara langsung kepada masyarakat. Karena itu Menristekdikti Mohamad Nasir meminta mahasiswa bersungguh-sungguh saat melaksanakan KKN.

Hal ini disampaikan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir pada upacara pelepasan mahasiswa peserta KKN Universitas Negeri Yogyakarta di Stadion UNY pada Jumat (13/7).

Lebih lanjut, Mohamad Nasir mendorong mahasiswa KKN untuk mampu memberi kontribusi positif bagi masyarakat baik dalam hal peningkatan kualitas kesejahteraan maupun tingkat pendidikan masyarakat.

“Mahasiswa KKN adalah agen perubahan. Agen perubahan pada pembangunan ekonomi dan pendidikan di Indonesia. Untuk itu, Mahasiswa KKN harus mampu memberikan kontribusi positif bagi masyarakat melalui implementasi ilmu pengetahuan yang dimiliki,”  ujar Nasir.

Nasir juga berpesan supaya setiap mahasiswa untuk sungguh-sungguh dalam melaksanakan Kuliah Kerja Nyata ini. “Saya berharap, saudara-saudara dapat menjalankan tugas ini dengan baik. Jangan sampai menimbulkan masalah dengan masyarakat di lokasi penempatan”, pesan Nasir.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) semester khusus tahun akademik 2017/2018 Universitas Negeri Yogyakarta diikuti oleh 4.033 orang mahasiswa yang terbagi dalam 388 kelompok. Selain itu, terdapat 101 dosen yang ditunjuk sebagai dosen pembimbing. Daerah sasaran KKN ini meliputi 13 kabupaten di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah.