Kobarkan Semangat Nasionalisme, Brigade 08 Gelar Kompetisi bagi Musisi Jalanan

Pengamen dan musisi jalanan yang menang dalam kompetisi lagu brigade 08

JAKARTA – Sekitar 100 musisi  jalanan mengikuti kompetisi menyanyikan lagu Brigade 08. Lewat kompetisi menyanyikan lagu Brigadeo8, diharapkan semangat dan jiwa nasionalisme musisi jalanan akan berkobar.

“Kami ingin sambil ngamen mereka tetap mengobarkan, menularkan semangat dan jiwa nasionalis,  semangat kerja keras pantang menyerah,” kata Ketua Umum Brigade 08 Zecky Alatas Minggu (19/8).

Dengan area mengamen dan memainkan musik tidak terbatas pada lokasi dan waktu, musisi jalanan sesungguhnya memiliki kesempatan menyapa pendengar,  penyuka musik maupun masyarakat lainnya lebih besar.  Peluang inilah yang bisa dimanfaatkan untuk menumbuhkan semangat nasionalisme rakyat.

Kompetisi yang digelar selama sepekan tersebut diakui mendapat sambutan hangat dari teman-teman yang biasanya menjual lagu di jalanan. Mereka mendaftarkan diri, untuk memperebutkan hadiah total Rp5 juta ditambah merchandise dan sertifikat.

Zecky mengingatkan bahwa sesungguhnya kita semua adalah rakyat, tak ubahnya dengan para pengamen dan musisi jalanan. Jika mereka mendapatkan panggung untuk mengekspresikan jiwa seninya, tentu pengamen dan musisi jalanan tak akan kalah dengan mereka penyanyi yang sudah memiliki nama.

“Banyak musisi kita yang saat ini punya kiprah bagus dipanggung musik, berawal dari jalanan, musisi yang sebelumnya tidak diperhitungkan,” tambahnya.

Dalam kompetisi tersebut dewan juri yang terdiri atas Aris Idol, penyanyi dan musisi, dan  Barbie Kumalasari, artis sinetron, menetapkan Ade, sebagai juara pertama disusul Riko dan Ariel. Sementara juara favorite pertama diraih Tanjung dan kedua diraih Nada.

Para pemenang kompetisi  ini nantinya akan dilibatkan dalam setiap kegiatan yang digelar Brigade 08.