Jakarta, MENARA62.COM Selain ragam budaya yang dimiliki, Indonesia kaya dengan ragam produk – produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berbasis lokal. Diantaranya, adalah yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka – Belitung (Babel) dengan produk kerajinan kain Cual-nya yang merupakan identitas dari kepulauan Babel. Produk Kain Cual di Kepulauan di Babel, bukan hanya satu satunya produk unggulan, setelah ditelisik ternyata masih banyak yang lain pula. Untuk menyemarakkan promosi kain Cual dan produk – produk unggulan UMKM Kepulauan Babel tersebut, pemerintah provinsi bersama Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) dengan difasilitasi Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LLP – KUKM) menyelenggarakakan kegiatan Smesco Indonesia Presents Stunning Bangka Belitung 2018.

Acara Smesco Indonesia Presents Stunning Bangka Belitung 2018 yang diselenggarakan di gedung SMESCO Indonesia pada hari Sabtu (1/12/2018), dihadiri oleh Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga, Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Meliadi Sembiring, Ketua Bidang Manajemen Usaha Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Bintang Puspayoga, dan Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Tjahya Widayanti.

Selain itu hadir pula, Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kemenkop dan UKM Victoria BR Simanungkalit, Staf Khusus Menkop UKM Hermawan Kartajaya, Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman, Ketua Dekranasda Babel Melati Erzaldi, Ketua Dekranasda DKI Jakarta Fery Farhati Ganis, dan Duta Koperasi Dewi Motik, serta Sekda Babel Yan Megawandi.

Usaha untuk memajukan produk – produk UMKM unggulan provinsi di Indonesia, menurut Ketua Bidang Manajemen Usaha Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Bintang Puspayoga, adalah salah satu konsen yang dilakukan oleh Dekranas selama ini. Dengan adanya promosi tersebut, diharapkan produk – produk UMKM daerah bisa direspon oleh pasar domestik dan luar negeri.

“Hal ini merupakan sesuatu nilai tambah tersendiri bagi pengembangan dan pemberdayaan produk – produk UMKM di daerah. Dekranas bersama pemerintah provinsi akan terus mengembangkan program tersebut,”tuturnya.

Sementara Sekertaris Kementerian Koperasi dan UKM, Meliady Sembiring, menambahkan, agar kegiatan – kegiatan seperti Smesco Indonesia Presents Stunning Bangka Belitung 2018, terus didorong. Dengan cara keaktifan dari pemerintah provinsi dan daerah untuk selalu memberdayakan pengembangan UMKM.

Diakui oleh Meliadi, daerah kaya dengan produk – produk UMKM unggulan tapi masih banyak kendala bagi UMKM terutama adalah akses pemasaran dan perkuatan permodalan. “Untuk itu saya berharap diacara ini ada sinergitas bersama – sama dalam memajukan produk unggulan,” paparnya.

Peluang produk unggulan UMKM, sejauh ini banyak di respon oleh pasar domestik daripada pasar mancanegara, terkait dengan hal ini, Kementerian Koperasi dan UKM terus berupaya mengfasilitasi dan memediasi, agar produk – produk unggulan UMKM provinsi dan daerah sebagai tembus di pasar global. Untuk itu strategi promosi pemasaran terus dikembangkan.

SMESCO Media UMKM

Untuk menjembatani—agar UMKM bisa masuk kelini pasar domestik dan mancanegara, Direktur Utama LLP – KUKM, Emilia Suhaimi, menegaskan, peran SMESCO Indonesia—sejauh ini sebagai jembatan dan media bagi pemarasan produk unggulan UMKM. Sudah banyak terjual, produk – produk tersebut ke masyarakat. Untuk itu terkait dengan Smesco Indonesia Presents Stunning Bangka Belitung 2018 bisa memanfaatkan SMESCO sebagai media promosi bagi produk – produk Kepulauan Babel. Dia juga menambahkan, kegiatan ini bagian dari ajang ekspose semua potensi unggulan Babel mulai dari produk, pariwisata, budaya dan kuliner khas daerah yang mencirikan identitas daerah, local heritage dan keunikan.

“Kami berterima kasih kepada para pihak yang membantu dan mendukung berkembangnya KUMKM di tanah air khususnya para pelaku usaha di setiap provinsu, baik dalam hal peningkatan kualitas maupun kapasitas,” kata Emilia.