Babel Lirik Pasar Kayu Gaharu Arab Saudi

Ilustrasi kayu gaharu (ist/dekoruma)

KOBA, MENARA62.COM  – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melirik Negara Arab Saudi sebagai pasar gaharu potensial milik para petani asal daerah itu.

“Gaharu ini merupakan produk unggulan daerah, tentu pemerintah daerah membantu pemasarannya hingga ke Timur Tengah misalnya Arab Saudi,” kata Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh di Koba, seperti dikutip dari Antara, Rabu (12/12).

Ia menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah sudah menjajaki pasar gaharu di Arab Saudi dengan menggelar pameran.

Dari pemeran itu, diketahui gaharu yang menjadi salah satu produk unggulan dari Bangka Tengah tersebut ternyata sangat diminati di Timur Tengah, khususnya di Arab Saudi.

“Gaharu petani daerah ini sangat diminati, terutama produk turunannya diantaranya minyak gaharu dengan harga jauh lebih tinggi dibanding harga pasar dalam negeri,” ujar Bupati.

Ia mengatakan, dari beberapa produk unggulan yang digelar di Arab Saudi ternyata produk gaharu sangat laku terjual dengan harga empat kali lipat dibanding harga dalam negeri.

“Ini jelas pasar potensial, tinggal lagi para petani daerah kita harus benar-benar siap, baik mengenai jumlah produksi mau pun dalam menjaga kualitas gaharu terutama gaharu budi daya,” ujarnya.

Bupati menyarankan agar petani di Bangka Tengah dapat meningkatkan hasil tanaman gaharu di lahan masing-masing.

Salah satu cara yang perlu dilakukan para petani adalah dengan tidak hanya menyediakan lahan khusus untuk tanaman gaharu, tetapi juga melakukan penanaman sela atau menanam gaharu di sela tanaman lainnya.

“Ini tujuannya untuk memperbanyak produksi dan meningkatkan luas tanaman gaharu di daerah ini,” ujar Ibnu Saleh.