KHDTK UM Palangkaraya Pelopori Model Kelola Hutan Mandiri

PALANGKARAYA, MENARA62.COM — UM Palangkaraya mengelola Kawasan Hutan dengan Tujuan Khusus (KHDTK) untuk Hutan Pendidikan seluas 4.910ha dilandasi dengan SK Menteri Kehutanan RI no. 611/Menhut II/2014 pada Juli 2014 yang terletak di sebelah utara Kota Palangka Raya. Hutan tersebut adalah hutan alam yang tersisa di Kota Palangkaraya.

Hal istimewa yang menjadikan model pengelolaannya sebagai contoh kelola untuk Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia yang mandiri dengan menjalin kerja sama riset dan pemberdayaan masyarakat yang bisa dikatakan hanya bermodal keberanian dan tekad untuk melindungi hutan yang tersisa, dan merangkul masyarakat sekitar hutan. Hal ini menjadikan magnet tersendiri bagi banyak pihak untuk bergabung dan turut membantu melakukan aktivitas bersama disana termasuk pihak internasional. Hanya dalam waktu 3 tahun, publikasi hingga ke internasional telah dilaksanakan dan mendapat perhatian dari pihak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI hingga 2017 pihak pengelola KHDTK, yaitu Siti Maimunah sebagai Kepala Unit Teknis KHDTK UM Palangkaraya dianugerahi Kalpataru sebagai nominator perintis lingkungan.

Banyak universitas negeri ternama yang turut menimba ilmu tentang pengelolaan hutan yang dilakukan UM Palangkaraya. Pengelolaan hutan yang dilakukan oleh UM Palangkaraya sangat berbeda dengan teknik pengelolaan hutan pendidikan yang dilakukan universitas negeri, di perguruan tinggi swasta pengelolaan dilakukan benar-benar mandiri dan ii menjadi pembelajaran menarik.

Menjadi suatu kebahagiaan bagi Perguruan Tinggi Muhammadiyah bisa berbagi pengalaman untuk Perguruan Tinggi baik Negeri maupun Swasta hingga ke Unicersitas di luar negeri untuk memberikan pencerahan dan berbagi ilmu untuk mengelola hutan mandiri guna melestarikan hutan dan mensejahterakan masyarakat sekitar kawasan hutan antara lain di Universitas Tanjung Pura Kalimantan Barat, Universitas Hassanudin Makassar, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Instiper Yogyakarta, Komunitas Managemen Hutan Indonesia (KOMHINDO), Program Studi Kehutanan PTM se-Indonesia, Universitas Lambung Mangkurat Kalimantan Selatan, dan beberapa PTM seperti UM Palembang, UM Makassar, UM Sumatra Utara dan beberapa forum lainnya termassuk internasional di University of Exeter UK dan Michigan State University US. Semoga Muhammadiyah semakin mencerahkan negeri.