UMSU Kirim Mahasiswa Praktik Magang di Filipina dan India

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
UMSU kirim mahasiswa magang ke Filipina dan India. (ist)
MEDAN, MENARA62.COM – Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara mengirimkan puluhan mahasiswa Fakultas Kedokteran dan FKIP untuk melakukan praktik magang ke Filipina dan India.

Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Dr Agussani, MAP di Medan, saat melepas mahasiswa yang akan magang tersebut mengatakan program magang itu adalah implementasi dari kerja sama internasional antara UMSU dengan sejumlah perguruan tinggi di luar negeri.

Untuk itu internasionalisasi UMSU secara perlahan tapi pasti akan terwujud yang memang selaras dengan misi UMSU menjadi “World Class University 2023”.

Selain praktik magang, kerja sama internasional dilakukan dalam bentuk studi lanjut S3, riset bersama dan KKN internasional.

“Kami berharap mahasiswa yang magang tahun ini ke Filipina dan India agar menjaga nama baik UMSU dan almamater. Jalinlah komunikasi dan beradaptasi yang baik di sana,” katanya.

Menurut dia mahasiswa yang berangkat tahun ini adalah implementasi dari penandatanganan kerja sama dengan beberapa universitas di Filipina dan India.

Ada beberapa lagi program kerja sama yang terkait dengan implementasikan misi dan tujuan UMSU menjadi universitas berkelas dunia.

Beberapa program magang lanjutan dan yang baru dilakukan tahun ini oleh UMSU yakni dengan Sri Ramachandra Medical College (SRM) Cennai India pada 24 Februari sampai 16 Maret yang memberangkatkan tujuh mahasiswa dari Fakultas Kedokteran.

Kemudian, pertukaran guru se-ASEAN (SEA Teacher) angkatan ke-7 tujuan Filipina (Cebu) yakni SUSJR di University of San rose Recoletes pada 9 Januari sampai 7 Februari 2019 dengan memberangkatkan dua mahasiswa FKIP

Kemudian tujuan Filipina kerja sama dengan Central Luzon State University (CLSU) memberangkatkan dua mahasiswa FKIP pada 12 Januari sampai 10 Fenruari 2019 dan kursus pendek di Mahidol University pada 14 Januari sampai 16 Februari memberangkatkan enam mahasiswa FKIP.