Bandara Akan Dijadikan Destinasi Wisata Digital

wisata digital
Salah satu sudut bandara yang menawarkan sudut foto yang instagrammable. (ist/kompas)

JAKARTA, MENARA62.COM – Semua bandara akan dijadikan sebagai destinasi wisata digital. Tujuannya untuk menarik lebih banyak wisatawan milenial.

Generasi milenial merupakan aset bangsa potensial dan merupakan segmen pasar yang bisa dituju. Untuk menarik pasar tersebut kami hadirkan pendekatan Bandara sebagai destinasi digital sebagai salah satu caranya,” ujar Dirut PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin seperti dikutip dari Antara, Rabu (9/1).

Dengan semakin digitalnya bandara yang dikelola oleh Angkasa Pura II, Awaluddin berharap para pelancong dapat memiliki kesan tersendiri ketika tiba di Bandara.

Melalui akun media sosial diharapkan dapat menarik minat traveler lainnya untuk berkunjung ke Indonesia dan menikmati millennials travel experience.

“Intinya kami berharap bisa memberikan inspirasi positif bagi traveler untuk dapat menikmati millennials travel experience. Sehingga mereka bisa bercerita lewat akun media sosialnya dan viral di media social,” lanjut Awaluddin.

Program destinasi wisata digital di bandara ini jelas Awaluudin semakin mendorong Angkasa Pura untuk selalu termotivasi dalam menjalankan transformasi bisnis dan bertransformasi di bidang infrastruktur operasi serta layanan.

Untuk mengoptimalkan program “millennials travel experience” tersebut, pihak Angkasa Pura II menghadirkan pendekatan “3A” yakni “Augmentation”, “Activation”, dan “Amenities”.

Terkait pendekatan “Amenities”, AP II telah mengimplementasikan “Airport Digital Lounge” yang di dalamnya terdapat beragam informasi mengenai seluruh pelayanan yang ada di Bandara dan dilengkapi dengan customer service robot.

Saat ini “Airport Digital Lounge” telah diimplementasikan di Terminal 3 dan Terminal 2 Bandara International Soekarno-Hatta. Pada tahun ini, hal tersebut juga akan secara bertahap diimplementasikan di semua bandara yang dikelola oleh Angkasa Pura II.

Selain itu AP II juga mengembangkan aplikasi dengan plaform mobile yaitu Indonesia Airports App, untuk lebih meningkatkan pengalaman digital di bandara-bandara yang dikelola oleh AP II.