Sekjen Kemenkes
Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI drg. Oscar Primadi, MPH

JAKARTA, MENARA62.COM – Untuk memastikan penyelenggaraan pelayanan kesehatan masyarakat merata dan terjangkau, Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI drg. Oscar Primadi, MPH melakukan kunjungan monitoring dan evaluasi (Monev) ke wilayah binaan di Kalimantan Barat. Kunjungan pertama dilakukan ke Kabupaten Sintang dan Kabupaten Kapuas Hulu.

Pentingnya monev wilayah binaan dilakukan mengingat akses masyarakat terhadap layanan kesehatan masih disulitkan oleh kondisi geografis, terutama di Daerah Tertinggal, Perbatasan, dan Kepulauan (DTPK). Selain itu juga untuk memastikan pemerataan sumber daya kesehatan di DTPK.

Pemerataan kesehatan menjadi tanggungjawab pemerintah sebagaimana amanat Pasal 14 undang-undang nomor 36 tahun 2009. Komitmen pemerintah dengan lintas sektor perlu dilakukan untuk meningkatkan pelayanan dengan mutu yang dapat dipertanghungjawabkan.

Sekjen didampingi Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat drg. Widyawati, MKM, dan Kepala Biro Perencanaan dan Anggaran Drs. Bayu Teja Muliawan, Apt., M.Pharm, MM, tiba di Sintang pukul 13.10 WIB.

Di Sintang, Sekjen dan rombongan diagendakan mengunjungi RSUD Ade M Djoen, Puskesmas Sungai Durian, dan Akademi Keperawatan yang akan menjadi Politeknik Kesehatan.

Agenda diakhiri dengan dialog bersama jajaran Dinkes Kabupaten Sintang dan para kepala Puskesmas.

Esoknya Sekjen dan rombongan menuju Kabupaten Kapuas Hulu untuk meninjau Puskesmas Nanga suhaid dan menghadiri peresmian RSUD Semitau