Milad ke-57 SD Muhammadiyah 8 Jagalan Akan Gelar Lomba Literasi
Milad ke-57 SD Muhammadiyah 8 Jagalan Akan Gelar Lomba Literasi

SOLO, MENARA62.COM — Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 8 Kota Surakarta, yang biasa disebut SD Mapan Jagalan, tahun 2019 ini akan merayakan Milad yang ke-57. Keberadaan SD yang berada dibawah Persyarikatan Muhammadiyah ini, telah mampu berkiprah untuk mencerdaskan kehidupan masyarakat.

SD ini, berada di kawasan Jagalan, Jebres Kota Solo. Eksistensi dan prestasi SD Mapan, merupakan pengabdian yang tak hanya memerlukan kerja keras namun juga keikhlasan.

Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 8 Jagalan Surakarta, Parimin SPd MPd menjelaskan, sekolah ini didirikan sebagai sebuah ikhtiar pengembangan dakwah melalui bidang pendidikan. Ini merupakan salah satu ciri khas Persyarikatan Muhammadiyah.

“Sekolah ini didirikan tanggal 31 Januari 1962, oleh para pegiat Muhammadiyah dan mampu memberi warna bagi gerakan dakwah di kawasan Jagalan,” ujar Parimin.

Saat ini, SD Mapan Jagalan mempunyai ratusan siswa, serta ribuan alumni yang pernah menjadi bagian dari eksistensinya. Kini, jalinan tali persaudaraan alumni terus ditingkatkan untuk kemajuan almamaternya.

Lebih lanjut Parimin menjelaskan, ada beberapa kegiatan yang akan digelar untuk memeriahkan Milad ke-57 SD Mapan Jagalan. Kegiatan itu antara lain, lomba literasi dan tahfiz Quran, muhassabah dan refleksi milad ke-57 SD Mapan Jagalan, pentas seni dan dipuncaki dengan pawai ta’aruf untuk menyapa warga di kawasan Jagalan, Jebres , Kota Surakarta.

“Lomba literasi, tahfidz Quran serta pentas seni, kami tujukan untuk mencari talenta unggulan siswa, agar bisa diwujudkan dalam prestasi yang membanggakan,” ujar Parimin.

Sementara untuk acara muhasabah dan refleksi, yang akan digelar pada Rabu (30/1/2019), mengundang seluruh keluarga besar SD Muhammadiyah 8 Jagalan. Diantaranya, guru, karyawan, Komite Sekolah, Pengurus Ranting Muhammadiyah, Pengurus cabang Muhammadiyah (PCM) Jebres, perwakilan alumni, pensiunan guru dan kepala sekolah yang pernah bertugas di SD Muhammadiyah 8 Jagalan, Jebres, Kota Surakarta.