Listrik Mati Ditengah Serangan Gelombang Panas di Kota Sydney

Kota Sydney dilanda gelombang panas
Kota Sydney dilanda gelombang panas. (ist/liputan6)

SYDNEY, MENARA62.COM – Ditengah serangan gelombang panas yang melanda wilayah pinggiran timur Kota Sydney, Australia, tiba-tiba terjadi pemadaman listrik di wilayah yang dihuni masyarakat kelas atas tersebut, Kamis (31/1/2019).

Akibat pemadaman yang melanda sekitar 45 ribu rumah tersebut banyak warga terjebak di lift, bahkan satu rumah sakit tidak mendapatkan pasokan listrik.

Sydney dalam beberapa pekan ini tengah dilanda gelombang panas hingga 40 derajat celcius. Suhu udara diatas rata-rata tersebut diperkirakan akan melanda kota pelabuhan itu hingga April 2019.

Dilansir dari kantor berita Antara, perusahan pemasok listrik Ausgrid telah menerjunkan petugas untuk memeriksa penyebab meluasnya pemadaman saat Australia didera gelombang panas berkepanjangan selama beberapa pekan. Pemadaman listrik jarang terjadi di wilayah pinggiran timur pesisir itu

Pemadaman listrik melanda perumahan dan bisnis di pinggiran pesisir Bondi hingga ke area kelas atas Double Bay dan Woollahra. Kepolisian telah memperingatkan para pengemudi untuk berhati-hati karena puluhan lampu lalu lintas tidak berfungsi.

Ausgrid kemudian mengatakan listrik sudah dipulihkan ke 10.000 rumah di sekitar Double Bay. Ausgrid menyediakan pasokan listrik bagi lebih dari 1,7 juta pelanggan di pesisir timur.

Badan meteorologi Australia pada Kamis memperingatkan cuaca panas bisa berlangsung hingga akhir April, dengan sebagian besar wilayah negara itu memiliki peluang 70 persen dilanda suhu di atas rata-rata.

Gelombang panas di sepanjang wilayah tenggara Australia pada awal bulan ini telah memicu pemadaman di sejumlah wilayah dan membuat tarif listrik melonjak. Kebakaran lahan juga menghancurkan perumahan di negara bagian Tasmania.