RNPK
Rembuk Nasional Pendidikan 2019 di Sawangan Depok

DEPOK, MENARA62.COMProgram Indonesia Pintar berhasil mengembalikan anak-anak putus sekolah kembali ke kelasnya. Karena itu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Puncak Jaya, Papua, Amir Wonda berharap pemerintah melanjutkan PIP dengan jumlah sasaran diperbanyak.

“Banyak anak-anak putus sekolah kemudian kembali ke sekolahnya karena ada PIP,” kata Amir Wonda di sela RNPK 2019, Rabu (13/2/2019).

Menurutnya PIP tidak hanya dirasakan manfaatnya oleh siswa.Tetapi juga dapat meringankan beban orang tua dalam membiayai kebutuhan pendidikan anak. Bagi daerah, PIP turut meningkatkan partisipasi sekolah di tiap daerah.

Dengan adanya program yang mulai diluncurkan pada tahun 2014 ini, Amir Wonda berharap angka putus sekolah dapat ditekan, baik dari wilayah paling timur hingga paling barat Indonesia. Tidak hanya hanya di daerah perkotaan, program ini juga menyasar daerah-daerah di pelosok, termasuk daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T).

Dalam penyaluran PIP di Kabupaten Puncak Jaya Papua, kata Amir Wonda, terdapat sedikit kendala keamanan dan kondisi geografis.

“Walaupun terdapat kendala tersebut, Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya, Papua, terus berusaha mengedukasi masyarakat akan pentingnya pendidikan, dan tujuan serta manfaat PIP melalui pertemuan, juga saat pelaksanaan ibadah,” terangnya