SDM 2 bertani at 09.55.09
Siswa SD Muhammadiyah 2 Karanganyar sedang praktik bertani

KARANGANYAR, MENARA62.COMSD Muhammadiyah 2 Kauman, Karanganyar, Jawa Tengah menggelar kegiatan outing class praktik bertani. Kegiatan yang mengambil lokasi di Agro Amanah Karanganyar tersebut diikuti 84 siswa dan 8 orang guru pembimbing.

Kepala SD Muhammadiyah 2 Kauman, Suyanto mengungkapkan kegiatan outing class rutin dilakukan ini sebagai bentuk penegasan bahwa pembelajaran di SD Muhammadiyah 2 Kauman tidak hanya menekankan aspek kognitif saja tetapi pengembangan aspek afektif dan psikomotorik serta pendidikan karakter.

“Outing class ini dilakukan rutin sebagai bentuk penegasan bahwa pembelajaran di SD Muhammadiyah 2 tidak hanya menekankan aspek kognitif saja tetapi pengembangan aspek afektif dan psikomotorik,” jelas Suyanto.

Dalam outting class tersebut lanjut Suyanto, nilai-nilai pendidikan karakter sangat ditekankan. Misalnya nilai-nilai kerjasama dan gotong-royong.

Anak-anak diakui kepala sekolah, sangat antusias mengikuti outing class. Mereka praktek secara langsung menanam padi dan panen pakcoy.

Azka, salah seorang siswa mengungkapkan bahwa baru kali ini mengetahui cara menanam padi dan memanen pakcoy.

“Aku senang sekali, hari ini praktek jadi petani, menanam padi dan memanen pakcoy,” ujarnya.

Pada kegiatan outing class kali ini selain bertani, anak-anak juga berlatih ketangkasan dengan meniti tali, susur sungai dan renang.

Guru kelas 2 yang merangkap waka kurikulum SD Muhammadiyah 2 Kauman, Deny Aryanto mengatakan kegiatan pembelajaran seperti ini adalah pengalaman yang sangat bermakna bagi siswa sebab mengalami secara langsung. Anak-anak dapat ilmu, ketangkasannya terlatih dan senang. Seperti ini cocok untuk pembelajaran k13 (kurikulum 2013).

“Anak-anak happy ada gamenya, ada edukasinya. Seperti ini tidak bisa dilakukan di kelas. Cocok untuk k13,” jelasnya.