SMESCO Indonesia Fasilitasi Produk Halal UMKM

Jakarta,MENARA62.COM Untuk mendorong Indonesia sebagai pusat produk  halal dunia, SMESCO Indonesia akan membuat corner  produk halal yang khusus berisi tentang produk – produk halal milik pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). “Dengan demikian maraknya produk halal yang saat ini menjamur di masyarakat bisa tertampung di gedung SMESCO Indonesia,” demikian pernyataan  Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi  Usaha Kecil dan Menengah (LLP – KUKM) Emilia Suhaimi, saat konferensi pers Rabu kemarin (13/02/219), tentang Festival Sarung Indonesia yang akan diselenggarakan pada tanggal 3 Maret 2019 di Jakarta.

Lebih jauh Emilia menuturkan, produk – produk halal milik pelaku UMKM perlu dukungan pemasaran, hal ini tidak lepas dari  banyaknya permintaan masyarakat domestik dan luar negeri terkait produk halal tersebut. Untuk itu LLP KUKM akan senantiasa membantunya dalam membangun sinergisitas.

Untuk mensosialisasikan produk halal UMKM sejauh ini LLP KUKM berkerjasama dengan LPPOM Majelis Ulama Indonesia (MUI) dalam Halal Index Exspo. Di event tersebut berbagai produk – produk halal di pamerkan dan sekaligus sebagai bagian sosialisasi untuk memperoleh sertifikasi halal.

Diakui oleh Emilia, trend kedepan masyarakat yang membutuhkan produk halalan thoyiban semakin banyak hal ini tidak lepas dari esensi dari produk halal terjamin kehalalanya dan kesehatannya. Inilah yang mendorong masyarakat baik Muslim dan non Muslim membutuhkan produk halal.

Kemudian terkait untuk merealisasikan corner produk halal di SMESCO Indonesia, LLP KUKM akan memulainya dengan membuat percontohan produk halal UMKM sebagai pilot project, jika nantinya bagus akan dikembangkan ruang khusus bernama corner produk halal. “Jadi tahap demi tahap dulu yang ingin kita kembangkan,”paparnya.

Perkembangan produk halal di Indonesia kedepan akan semakin marak, hal ini tidak lepas dengan diterbitkannya sebelumnya undang – undang Sistem Jaminan Halal. Di regulasi tersebut menyebutkan, dalam penerbitan sertifikasi halal bukan hanya di dominasi oleh  LPOM MUI saja, tapi juga ormas seperti NU dan Muhammadiyah. Dengan demikian akan mempermudah banyak UMKM untuk memiliki sertifikasi halal.