Dubes Rusia Minta Masukan Mendikbud Terkait Festival Indonesia ke-4

festval indonesia
Dubes Indonesia untuk Rusia Mohamad Wahid bersilaturahmi dengan Mendikbud Muhadjir Effendy

JAKARTA, MENARA62.COM –¬† Dalam rangka Festival Indonesia yang akan digelar di Rusia pada 1-4 Agustus 2019, Duta Besar Republik Indonesia (KBRI) di Moskow Mohamad Wahid Supriyadi kunjungi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kunjungan tersebut dalam rangka mendapat masukan terkait seni budaya yang akan ditampilkan dalam festival ke-4 d Kota Moskow Rusia.

“Seni dan budaya adalah komponen paling dominan dalam festival Indonesia. Karena itu kami minta masukan dari Mendikbud,” kata Wahid.

Menurutnya, dalam festival pertama dan kedua, sambutan masyarakat setempat belum begitu meriah. Tetapi pada tahun lalu, festival berlangsung sangat meriah. Festival tersebut merupakan kegiatan promosi terpadu perdagangan, investasi, dan pariwisata Indonesia di Rusia.

Dubes Wahid menjelaskan, rangkaian Festival Indonesia ke-4 di Rusia akan mencakup kegiatan forum bisnis, “business matching”, pertunjukan kebudayaan Indonesia, dan pameran produk Indonesia.

Pada 1 Agustus 2019 akan diadakan Forum Bisnis Indonesia-Rusia, lalu pada 2-4 Agustus akan digelar Festival Indonesia di Krasnaya Presnya Park, yakni salah satu taman terbesar dan terpopuler di kota Moskow. Festival ini akan menampilkan beragam kebudayaan Indonesia untuk diperkenalkan kepada publik Rusia.

Wahid menargetkan festival akan dikunjungi setidaknya 100 ribu warga Rusia dengan tingkat penghasilan diatas rata-rata.

Untuk pameran produk Indonesia, KBRI Moskow mengajak para pengusaha dan perusahaan Indonesia untuk mengisi gerai-gerai pameran di Festival Indonesia ke-4 tersebut.

“Tidak mudah untuk meyakinkan pengusaha kita untuk hadir di festival. Produk-produk kita yang dipamerkan pada festival sebelumnya semua laku,” kata Dubes Wahid.

Dia menyebutkan salah satu perusahaan besar Indonesia yang akan berpartisipasi mengisi gerai di Festival Indonesia ke-4 di Rusia adalah PT. Mayora, yang produknya memang sudah berhasil menembus pasar Rusia, dengan penjualan sebanyak 1.000 kontainer produk pada 2018.