Produk makeup yang tersedia di Indonesia cukup banyak dan beragam. Jika konsumen ingin memilih produk makeup tersebut, manakah yang paling bagus? Carolina Septerita, makeup artist terkenal mengungkapkan rekomendasinya di sela-sela tutorial kecantikan di The Shahdan Boutique, FX Sudirman (2/3/19).

“Semua produk makeup baik lokal maupun internasional mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing. Sebenarnya, pilihan produk makeup bukan tergantung dari lokal atau internasionalnya dan juga harganya. Hal yang paling penting yaitu teknik menggunakan produk makeup tersebut. Jadi, kalau beli produk semahal-mahalnya tetapi tidak bisa menggunakannya secara benar, ya sama saja percuma,” ujar Carol yang karya makeup-nya selalu masuk daftar trend di New York Fashion Week.

Teknik makeup itu mahal dan tak bisa dibeli di toko manapun. Jadi, saran Carol, ketika membeli produk yang diinginkan baik lokal maupun internasional, kita harus belajar juga teknik menggunakannya. Kalau tekniknya tidak dipelajari, maka hasilnya tidak sesuai yang diharapkan. Sebenarnya, produk make up apapun sekalipun lokal yang kita gunakan asalkan tekniknya benar, hasilnya tak akan ada perbedaan dengan produk internasional.

Carol pribadi lebih menyukai produk makeup lokal. Bahkan dirinya menyarankan bagi  orang Indonesia dapat menggunakan produk lokal. Selain untuk mencintai produk lokal juga dapat melestarikan dan mempromosikannya, tak ka