tesona
Enesis Group gelar kegiatan Tebar Pesona dengan Tesona Premium Iced Tea ditengah arena car free day di jalan Jenderal Soedirman Jakpus, Ahad (10/3/2019)

JAKARTA, MENARA62.COM – Enesis Group melalui produknya Tesona menggelar kegiatan  “Tebar Pesona dengan Tesona Premium Iced Tea” di arena Car Free Day, Jalan Jenderal Soedirman, Jakarta Pusat, Ahad (10/3/2019). Kegiatan yang melibatkan masyarakat luas tersebut selain mengenalkan teh rasa baru Tesona, juga sekaligus mengedukasi masyarakat terkait bahaya sampah plastik.

“Lebih dari mengenalkan produk baru, kami juga sekaligus mengedukasi masyarakat terkait bahaya sampah plastik pada kegiatan ini,” kata Jane Selly, Group Product Manager Tesona.

Edukasi bahaya sampah plastik tersebut menggendeng Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Selain itu juga digelar workshop pemantaatan ulang (daur ulang) sampah plastik dengan menggandeng Ban Sampah Induk (BSI) dari Menteng Pulo, Jakarta Selatan.

Jane mengatakan pihaknya berkomitmen untuk ikut memerangi pencemaran lingkungan dari keberadaan sampah-sampah plastik. Kampanye ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab Tesona terhadap permasalahan sampah plastik.

“Kami berharap melalui kegiatan ini, masyarakat dapat memanfaatkan sampah plastik agar dapat diolah menjadi barang yang bernilai guna,” tambah Jane.

Agus Saefudin Kasubid Sarana dan Prasarana Direktorat Pengelolaan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengungkapkan sampah plastik menjadi problem lingkungan yang sangat serius saat ini. Dimana Indonesia menjadi salah satu negara penyumbang sampah plastik terbesar di dunia.

Baca juga:

Karena itu, upaya-upaya untuk mengurangi sampah plastik harus dilakukan sejak sekarang. Upaya tersebut tentu tidak bisa dilakukan oleh pemerintah sendiri tetapi juga melibatkan peran swasta dan masyarakat.

“Saya mendukung apa yang dilakukan Tesona. Kepedulian perusahaan untuk mengelola sampah plastik harus ditumbuhkan, apalagi jika dalam operasinya perusahaan tersebut menghasilkan sampah plastik,” jelas Agus.

Saat ini bank sampah menjadi solusi yang cukup strategis dan menguntungkan untuk mengatasi sampah plastik. Karena melalui bank plastik, tidak hanya dapat mengurangi volume sampah tetapi juga memeberi nilai ekonomi tinggi pada sampah.

“Orang bisa dapat menabung dalam bentuk sampah lalu hasilnya bisa berupa uang atau emas. Ini menarik,” katanya.

Saat ini di Indonesia tercatat ada 7642 bank sampah yang sudah terkoneksi dengan system di KLHK. Bank sampah yang menyebar di seluruh Indonesia tersebut semuanya aktif.

Sementara itu Sri Endarwati, Pengelola BSI menyambut positif kegiatan yang dilakukan Tesona, yakni kampanye bahasa sampah dan workshop daur ulang sampah.

“Dengan adanya pembinaan dan pelatihan dari Tesona, kita dapat memanfaatkan sampah plastik menjadi suatu karya seni sehingga sampah ini tidak lagi menjadi penghambat saluran air yang menjadi penyebab banjir atau sampah yang merusak lingkungan, tapi bisa dijadikan barang bernilai seni dan bermanfaat, seperti dijadikan tas, tempat tissue, pot bunga, ataupun tempat pensil, sehingga dari sampah plastik yang tidak berguna menjadi barang berharga” jelasnya.

Menurutnya melalui bank sampah, nilai ekonomi yang bisa diperoleh masyarakat cukup besar. Karena rata-rata satu bank sampah dalam sebulan bisa mengumpulkan uang sekitar Rp50 juta.

Baca juga:

“Jadi potensi sampah plastik sangat besar sehingga keberadaan bank sampah benar-benar mampu mengatasi persoalan sampah dari dua masalah yakni lingkungan dan kesejahteraan keluarga,” katanya.

Di BSI, setiap keluarga di Menteng Pulo rata-rata bisa menyetor sampah plastik 1 kg per bulan dengan harga Rp5000. Uang yang terkumpul dari masyarakat cukup besar dan itu sangat membantu ekonomi masyarakat.

Dalam kegiatan “Tebar Pesona bersama Tesona Premium Iced Tea” juga digelar senam “Pound Fit” berkolaborasi dengan “Angel Percussion”. Tidak hanya itu, sejumlah performer yang terdiri dari sekolah dan komunitas yang siap untuk Tebar Pesona menampilkan pertunjukan terbaiknya, seperti SMA 6 dengan penampilan cheerleaders, SMA Gonzaga yang menampilkan capoeira, serta penampilan breakdance dari Bboys.

Pada kesempatan yang sama, pengunjung juga bisa mengikuti “Tebar Pesona Challenge berhadiah voucher belanja jutaan rupiah, caranya yakni dengan membuat dokumentasi menarik tentang “Tebar Pesona dengan Tesona” selama acara berlangsung, posting di Instagram, tag @TesonaIcedTea dan gunakan tagar #TebarPesona #CFDJkt.

Baca juga: